Tingkatkan Kolektibilitas Iuran, BPJS Gandeng BNI Ciptakan Tabungan Sehat

Reporter :
Editor : Lucky
BNI menghadirkan Tabungan sehat untuk memudahkan peserta JKN-KIS membayar iuran
BNI menghadirkan Tabungan sehat untuk memudahkan peserta JKN-KIS membayar iuran

Online24, Makassar – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Kerja sama tersebut adalah dalam mengadakan fasilitas Tabungan Sehat bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan semakin mudah. Melalui produk BNI Tabungan Sehat memberikan manfaat berupa pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara rutin langsung dengan cara Autodebet dari tabungan tersebut.

Vice President of Consumer Banking BNI Wilayah Makassar, Hadi Santoso, menyampaikan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kolektabilitas iuran peserta JKN-KIS melalui berbagai inovasi dan terobosan produk perbankan.

“Dan BNI siap berperan serta memfasilitasi nasabah dalam melakukan pembayaran iuran JKN-KIS, kerja sama ini juga akan meningkatkan literasi asuransi dan perbankan,” ujarnya saat konferensi pers di kantor BPJS KCU Makassar, Kamis (30/11/2017).

Ia mengatakan, BNI Tabungan Sehat untuk peserta BPJS Kesehatan adalah salah satu produk tabungan BNI yang ditujukan untuk memfasilitasi nasabah dalam melakukan pembayaran iuran Program JKN KIS (BPJS Kesehatan) dengan metode menabung, khususnya untuk Peserta JKN KIS yang memiliki tunggakan.

“Tabungan ini akan dilengkapi fitur autodebet BPJS Kesehatan sehingga ketika nilai tabungan sudah mencapai nilai tagihan BPJS Kesehatan, sistem akan secara otomatis mendebet tabungan peserta pada periode waktu tertentu,” imbuhnya.

BNI Wilayah Makassar yang meliputi 4 propinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Maluku siap membantu peserta BPJS untuk membuka BNI Tabungan Sehat di kantor cabang BNI terdekat, untuk setoran tunai / menabung dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BNI dan 64 ribu Agen46 sehingga para peserta Program JKN KIS semakin dimudahkan.

“Adapun mekanisme peserta yang ingin mengikuti program angsuran melalui tabungan sehat ini cukup sederhana. Peserta JKN-KIS cukup datang ke kantor cabang BNI dengan membawa KTP, KK, kartu JKN-KIS serta setoran awal Rp 100 ribu. Peserta dapat menyesuaikan jumlah setoran setiap bulan dengan jumlah tunggakan yang ada serta jangka waktunya,” jelasnya.

Selanjutnya Sistem auto debit akan memotong tabungan secara otomatis sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Kepala BPJS Kesehatan Makassar Kantor Cabang Utama (KCU) Makassar, drg Unting Patri Wicaksono Pribadi, mengatakan bahwa produk simpanan ini merupakan langkah awal untuk semakin mempermudah akses masyarakat terhadap layanan keuangan perbankan.

Ia mengatakan program ini dapat membuat pelanggan selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran..

“Untuk menghindari lupa membayar iuran, BPJS Kesehatan membuat program dengan BNI untuk mekanisme autodebit. Melalui jaringan kantor BNI yang tersebar di seluruh kota/abupaten memberikan kenyamanan dan kelancaran transaksi penyetoran iuran kepada seluruh peserta BPJS Kesehatan,” pungkasnya.(*)