Tips Menghapus Aplikasi Bawaan Ponsel Android Tanpa Akses Root

Editor : Endhy

Online24, Makassar – Terkadang smartphone tiba-tiba menjadi lemot, daya baterai, dan juga kuota cepat habis lantaran penyebabnya adalah beberapa bloatware (aplikasi bawaan) yang berjalan. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang ingin melenyapkan aplikasi bawaan tersebut pada ponselnya.

Sementara itu, kebanyakan dari smartphone Android, dibutuh akses root untuk mengahpus aplikasi bawaan tersebut. Sedangkan untuk akses root tersebut tidak semua orang dapat melakukannya dan resiko kerusakan software pada smartphone sangat besar.

Maka dari itu, tim IT online24jam akan membeberkan beberapa tips dan cara untuk menghapus aplikasi bawaan smartphone tanpa perlu repot-repot lagi mengaktifkan sistem super-user terlebih dahulu.

Berikut cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa akses root

1. Buka Playstore, download dan install aplikasi CCleaner

2. Buka Aplikasi CCleaner yang telah di install tadi.

3. Pilih menu garis tiga pada pojok kanan atas, pilih App Manager.

4. Setelah masuk App Manager, pilih tab menu System, kemudian tekan tombol icon Tong Sampah.

5. Akan ada muncul peringatan, tekan Continue.

6. Nah, pilih aplikasi yang ingin dihapus kemudian tekan Uninstall

7. Selesai.

Sebelum melakukannya, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu fungsi dari aplikasi bawaan yang ingin dihapus, karena setiap aplikasi bawaan kemungkinan mempunyai fungsi yang berkaitan dengan sistem android.

Cara ini berhasil pada smartphone tertentu. Selain resiko tadi, harap untuk membackup data sebelum memulai tutorial tadi dan jangan lupa resiko ditanggung masing-masing.