Reuni, Alumni Aksi 212 Padati Kawasan Monas

Editor : Asri Muhammad
Massa reuni 212 menggelar shalat Subuh bersama. (foto : republika)
Massa reuni 212 menggelar shalat Subuh bersama. (foto : republika)

Online24, Makassar – Ribuan massa reuni 212 memadati hingga memutihkan kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (2/12/2017), untuk mengenang aksi yang dilakukan tahun lalu. Massa yang datang dari berbagai daerah ini, sudah memenuhi area Monas sejak dinihari.

Sebelumnya, massa menggelar shalat Qilamulail dan shalat Subuh secara berjamaah. Mereka juga membacakan lantunan kitab suci Al Quran.

Sejumlah tokoh nampak menghadiri reuni 212, seperti Presiden PKS Sohibul Iman, Amien Rais, Munarman, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta penyanyi Opick. Sementara pimpinan FPI Habieb Rizieq, tidak nampak dan hanya mengirimkan ceramahnya melalui video. Diketahui jika Rizieq saat ini sedang berada di Arab Saudi.

Dalam acara ini, Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif, mengkritik pemerintahan Jokowi-JK. Dirinya meminta agar pemerintah lebih adil dalam penegakan hukum dan menghentikan semua bentuk kriminalisasi.

Sekedar diketahui, aksi 212 digelar pada tahun lalu yang diikuti jutaan massa dari seluruh Indonesia. Aksi damai 212 dilakukan lantaran Gubernur Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dianggap telah menistakan agama dengan mengkutip Surah Al Maidah ayat 51. Aksi 212 tahun lalu, berlangsung damai meski sejumlah pihak meragukan kegiatan tersebut akan berlangsung aman.