Tips Pengereman yang Benar Saat Kendarai Motor di Musim Hujan

Editor : Endhy
Ilustrasi pengendara terjatuh saat jalanan licin
Ilustrasi pengendara terjatuh saat jalanan licin

Online24 – Pengendara sepeda motor harus tahu betul bagaimana cara melakukan pengereman yang baik dan benar. Sebab, meski dianggap mudah, namun tak jarang jika tidak mengetahu tekniknya, dan itu justru membahayakan. Terlebih lagi saat jalanan yang licin akibat guyuran hujan.

Ya, pengguna sepeda motor kerap menganggap melakukan pengereman pasti bisa dilakukan, itu karena langkah yang dilakukan hanya menekan handle rem menggunakan jari tangan, dan menginjak pedal rem dengan telapak kaki kanan.

Namun seperti dilansir NTMC Polri, teknik pengereman adalah hal utama yang perlu kuasai ketika Anda memutuskan untuk mengendarai sepeda motor.

Nah, mau tahu bagaimana teknik mengerem sepeda motor yang baik dan benar, berikut tipsnya:

1. Jangan menekan atau menginjak tuas rem terlalu keras secara mendadak pada saat laju kendaraan sedang tinggi. Hal itu akan menyebabkan roda kendaraan slip sehingga laju motor menjadi tidak terkendali.

2. Semakin pendek jarak pengereman akan semakin baik karena semakin jauh resiko kita terhadap kemungkinan terjadinya benturan.

3. Rem yang paling efektif untuk mengurangi laju motor adalah rem depan, sementara rem belakang digunakan sebagai penyeimbang.

4. Teknik pengereman yang benar adalah dengan menggunakan kedua rem, depan dan belakang. Tapi teknik ini memerlukan latihan yang cukup rutin.

5. Dalam latihan, cobalah untuk melaju dengan kecepatan tertentu. Untuk awal, 40 km/jam cukup untuk membantu melatih teknik dasar pengereman.

6. Pada saat mengerem, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan putaran gas. Lalu tarik tuas rem depan dengan cara diremas. Pada saat yang bersamaan juga kaki menginjak rem belakang sebagai penyeimbang.

7. Pastikan keadaan sepeda motor tegak sehingga resiko tergelincir bisa diminimalisir.

8. Perlu diingat bahwa jangan memaksakan diri untuk menggunakan rem depan sekuat-kuatnya dalam awal awal latihan. Feeling dalam meremas tuas rem dengan optimal hanya bisa diperoleh lewat latihan yang berulang-ulang.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu