Minimalisir Kerusakan Sungai dipinrang, Komunitas Alam Lestari Pinrang Resmi Di Bentuk

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Pinrang-Komunitas Alam Lestari Pinrang Resmi mendeklarasikan diri sebagai Komunitas pelestarian sumber daya Air, khususnya di kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, deklarasi tersebut di laksanakan di M Hotel Pinrang, Senin (04/12/2017).

Kegiatan yang mengambil tema lestarikan sungai selamat air ini juga Di rangkaikan dengan pembekalan Bertajuk Sekolah Alam Kepada Anggota Komunitas Alam Lestari pinrang dan dilanjutkan Penghijauan Di pesisir Sungai Saddang Kabupaten Pinrang tepatnya di area Sungai Saddang di kecamatan Paleteang.

Asriadi Nakata ketua Komunitas Alam Lestari Pinrang didampingi Nasrul Bob selaku penasehat Komunitas Alam Lestari Mengatakan Terbentuk Komunitas ini merupakan dorongan bersama beberapa Komunitas dan Organisasi Pencinta Alam yang ada di Pinrang.

“Hadirnya Komunitas ini dapat memanilisir kerusakan sungai, pasalnya para anggota di berikan pembekalan materi, ini baru pembentukan dan kedepan nya kami akan melaksanakan program dan menjalin kerjasama antara pemerintah dan masyarakat,”Ujar Bob.

Bob berharap dengan adanya komunitas ini Kedepannya masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan terutama Sungai dan laut,
“intinya Komunitas ini Hadir sebagai corong pelestarian lingkungan sungai gunung dan laut, dan mengajak kepada masyarakat agar jangan mengotori sungai,”Tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pinrang Sudirman Melalui Baharuddin Kabid pengendalian Pencemaran dan kerusakan lingkungan dinas lingkungan Hidup kabupaten Pinrang Mengatakan Sangat Mengapresiasi adanya pembentukan Komunitas Alam Lestari Pinrang yang merangkul beberapa anggota potensi Pencinta Alam yang ada di Pinrang “Dinas Lingkungan Hidup Pinrang Tentunya merespon baik Adanya program ini, kami siap bersinergi Bersama komunitas Lestari Alam Pinrang dalam Melestarikan Sungai maupun Laut,”ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Forum Komunikasi masyarakat peduli sungai dan kadal Sulsel, Kaharuddin Muji yang di akrab disapa daeng Uji Mengatakan Program ini merupakan bentuk kerjasama dengan Komunitas dan beberapa potensi organisasi Pencinta Alam, sehingga program kedepannya dapat Dikerja samakan dengan Pemerintah khususnya instansi terkait.

” Sekolah sungai ini diharapkan dapat meningkatan peran masyarakat dalam pelestarian sumber daya Air di kabupaten Pinrang agar bisa lestari dan tetap terjaga, selain itu kami juga gelar Sosialisasi penyuluhan publik mengenai sungai,” Daeng Muji Ketua Forum Komunikasi masyarakat peduli sungai dan kadal Sulsel.

“Kegiatan ini juga sebagai langkah untuk Menggairahkan Komunitas dan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan sungai serta Membangun komunikasi efektif bagi masyarakat dalam pelestarian sumberdaya Air, sehingga terjalin sinergitas komunitas dan masyarakat,”Pungkas