Sandang Gelar Sarjana PGSD, Syaiful Pilih Mengajar Atau Sepakbola?

Reporter :
Editor : Lucky
Kiper muda PSM Makassar, Syaiful Syamsuddin, saat menjalani prosesi wisuda di UNM, Rabu (6/12/2017)
Kiper muda PSM Makassar, Syaiful Syamsuddin, saat menjalani prosesi wisuda di UNM, Rabu (6/12/2017)

Online24, Makassar – Kiper PSM Makassar, Syaiful Syamsuddin, resmi menyandang gelar sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Ia baru saja mengikuti prosesi wisuda di kampusnya, Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (6/12/2017).

Pemain kelahiran Kabupaten Takalar ini harus menempuh waktu 6 tahun untuk menyelesaikan studinya, karena kesibukannya menggeluti sepakbola bersama tim Juku Eja. Jadwal padat di Liga 1 musim 2017 sempat membuat proses penyelesaian akhirnya terhambat.

Nampak wajah Syaiful diliputi kebahagiaan saat namanya disebut untuk melakukan proses wisuda. Ia senang akhirnya mampu meraih gelar sarjana di tengah kesibukannya bersama tim kebanggaan warga Sulsel.

“Untuk kedua orang tuaku tercinta terima kasih banyak atas doa dan dukungannya selama. Termasuk pembimbing, dan penguji atas bimbingannya selama ini semoga gelar ini berkah dan bermanfaat,” ucapnya.

Setelah resmi menyandang gelar sarjana PGSD, bagaimana kelanjutan karir pemain berusia 24 tahun ini? Syaiful mengungkapkan masih akan fokus melanjutkan karirnya sebagai kiper masa depan PSM. Dirinya belum memikirkan untuk mengajar ke sekolah sebagaimana latar belakang pendidikannya saat ini.

“Tentu saya sangat bersyukur apa yang saya raih, mudah-mudahan gelar ini bisa bermanfaat buat semua orang terutama untuk saya sendiri. Untuk sementara saya fokus di sepakbola dulu,” ujarnya.

Diketahui, CEO PSM, Munafri Arifuddin, masih akan menggunakan jasa Syaiful di bawah mistar gawang timnya untuk mengarungi Liga 1 musim 2018. Pemain bernomor punggung 51 ini akan bersaing dengan Rivky Mokodompit, Hilman Syah, dan Shahar Ginanjar, kiper baru yang tinggal menandatangi kontrak bersama PSM.(*)