PPK Tak Tahu Kontraktor Proyek Stadion Barombong Pernah Disanksi KPPU

Reporter :
Editor : Lucky
 Proses pengerjaan tribun utara Stadion Barombong.
Proses pengerjaan tribun utara Stadion Barombong.

Online24, Makassar – Meski mempunyai track record yang bisa dibilang tidak bagus, namun PT Usaha Subur Sejahtera tetap memenangkan tender proyek Stadion Barombong.

Kontraktor tersebut pada tahun 2013 pernah diberikan sanksi oleh Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) karena terbukti melanggar Undang Undang Nomor 5 tahun 1999 tentang persaingan usaha tidak sehat.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), saat dimintai tanggapan terkait pemenang tender proyek tersebut, mengaku tak banyak tahu.

Menurutnya, segala yang berhubungan dengan proses lelang menjadi tanggung jawab Unit Layanan Pengadaan (ULP). Ia juga mengaku tak tahu menahu tentang rekam jejak atau track record PT Usaha Subur Sejahtera tersebut.

“Saya tidak tahu soal itu. Semua kita terima setelah ULP memutus pemenang tender, semua ULP yang tau mulai dari siapa saja peserta lelang, siapa yang memenuhi syarat dan siapa pemenang semua itu hanya ULP yang tahu,” ujarnya

Sekedar diketahui, PT Usaha Subur Sejahtera, pernah disanksi oleh KPPU. Kontraktor tersebut, diwajibkan membayar Rp 3,6 miliar.

Oleh KPPU kontraktor ini di sanksi akibat terbukti melanggar Undang Undang nomor 5 tahun 1999 tentang persaingan usaha tidak sehat.(*)