Kunjungi Lutra, KPK Gelar Monev dan Sosialisasi Pencegahan Korupsi

Editor : Lucky

Online24, Masamba Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan ke Kabupaten Luwu Utara, Rabu (6/12/2017) pagi.

Kunjungan kali merupakan koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi terintegrasi yang merupakan rangkaian dari wujud komitmen KPK dan Pemerintah daerah yang telah ditandatangani bersama pada bulan Mei lalu dalam hal pemberantasan korupsi.

Ketua tim Deputy Pencegahan Korupsi KPK, Heri Nurdin, menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan positif yang perlu didukung bersama. “Sebab  kita ingin bersama-sama mengimplementasikan komitmen pemberantasan korupsi terintegrasi,” katanya.

Heri membeberkan, pada dasarnya KPK hadir untuk memastikan bahwa komitmen yang telah disepakati itu bukan hanya sebagai walpaper atau tampilan saja, tapi benar-benar dilaksanakan.

“Jadi KPK hadir di Kabupaten Luwu Utara ini untuk memastikan bahwa komitmen yang telah disepakati bersama dengan Pemerintah Daerah Luwu Utara itu benar-benar dilaksanakan,” ungkap Heri.

Ada 5 fungsi KPK yaitu koordinasi, supervisi, monitoring, pencegahan, dan penindakan. “Tapi untuk saat ini, kita berharap di Luwu Utara hanya 4 yang kami lakukan tanpa melakukan penindakan, sebab melihat progres yang telah dilakukan Pemda Lutra yang benar-benar menjalankan progres sesuai dengan komitmen yang telah disepakati,” tegas Heri.

Heri pula berpesan agar tidak ada korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam pengelolaan program ataupun anggaran di Lutra dan daerah lainnya. Juga bagaimana penggunaan APBD itu benar-benar sampai ke masyarakat.

“Sehingga tercipta program-program yang mampu memicu peningkatan kinerja berbasis Mensejahterakan masyarakat,” tutupnya.(*)