Demokrat-PPP Siap Kawal Verifikasi Faktual Berkas Independen IYL-Cakka

Reporter :
Editor : Lucky
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (kedua kanan) dan Andi Mudzakkar (tengah) saat tiba di Grand Asia Hotel.
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (kedua kanan) dan Andi Mudzakkar (tengah) saat tiba di Grand Asia Hotel.

Online24, Makassar – Setelah dipastikan lolos verifikasi administrasi, Partai Demokrat dan PPP kubu Romahurmuziy sebagai partai pendukung Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) langsung merapatkan barisan untuk mengawal verifikasi faktual.

Ketua Bidang OKK DPD Demokrat Sulsel, Zulkarnain Paturuni, menegaskan, partainya akan all out mengawal verifikasi faktual berkas dukungan IYL-Cakka di sejumlah kabupaten/kota.

“Pasti kita akan lakukan pengawalan. Partai kan sudah memutuskan rekomendasi ke pasangan IYL-Cakka, dan secara otomatis Demokrat di semua tingkatan itu bekerja untuk Punggawa Macakka. Termasuk pengawalan itu,” kata Zul, sapaan akrabnya, Rabu (6/12/2017).

Ia melanjutkan, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono sudah mempersiapkan seluruh komponen kekuatan partai untuk mengawal verifikasi faktual dukungan rakyat Punggawa-Macakka di tingkat kabupaten hingga PPS.

“Insya Allah, dalam waktu dekat ini kita akan keliling Kabupaten/Kota untuk melakukan konsolidasi. Jadi di Rakor nanti akan kita formalkan, kan sebelumnya sudah ada instruksi ke pengurus di semua tingkatan mengawal pemenangan IYL-Cakka di Pilgub,” ucapnya.

Selain mengawal verifikasi faktual, di rakor nantinya juga akan membekali pengurus dan kader mengenai PKPU tentang perseorangan. Itu dimaksudkan, agar semua yang terlibat dalam melakukan pengawalan bisa memahami secara detail dan teknis di lapangan.

“Bukan hanya mengawal verifikasi, tapi di rakor nantinya kita akan membahas juga agenda pemenangan,” tambah Zul yang juga eks Sekretaris DPC Demokrat Makassar.

Senada disampaikan Ketua DPW PPP Sulsel, Muh Aras. Menurutnya, pasca partainya menyatakan dukungan ke IYL-Cakka, maka tidak ada alasan lagi bagi semua pengurus dan kader untuk tidak bergerak. Termasuk mengawal proses verifikasi faktual.

“Pokoknya semua kader PPP akan terlibat langsung mengawal serta mengawasi verifikasi faktual nantinya,” tutur Aras secara terpisah.

Aras menguraikan, sejauh ini tim sudah tersebar di 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel. Bahkan, kader yang direkomendasikan masuk dalam tim pemenangan rumah kita, saat ini sudah ikut di Rakor yang digelar oleh Rumah Kita.

“Jadi di Rumah Kita itu di tingkat provinsi ada lima orang kita masukan dalam tim inti. Itu untuk tim inti saja, terus di setiap kabupaten/kota juga ada kita masukan tim, dan itu akan bekerja semua,” tambahnya.(*)