Cari Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Underpass, Kejati Genjot Pemeriksaan Saksi

Reporter :
Editor : Lucky
Kantor Kejati Sulselbar
Kantor Kejati Sulselbar

Online24, Makassar – Usai menaikan status kasus dugaan salah bayar proyek Underpass Simpang lima bandara dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan, Kejati Sulsel kini fokus membidik tersangka dalam kasus tersebut.

Kasipenkum Kejati Sulsel, Salahuddin, mengatakan sejak dinaikan statusnya, pihaknya sudah memeriksa sedikitnya 7 orang saksi.

Dari 7 orang saksi tersebut diantaranya yakni Camat Biringkanaya, mantan Sekcam Biringkanaya, dan Lurah Sudiang.

“Sejauh ini sudah ada 7 saksi yang dimintai keterangannya. Tim masih akan terus memeriksa saksi-saksi untuk menggali bukti-bukti yang ada,” ujarnya.

Hanya saja dia belum bisa memastikan siapa-siapa saja saksi yang rencana akan di panggil pada pemeriksaan pekan depan. “Saya belum bisa sebutkan siapa – siapa yang akan diperiksa pada pekan depan,” singkatnya.

Sekedar diketahui, pembebasan lahan pada proyek tersebut menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Kementrian Pekerjaan Umum, melalui Balai Jalan Metropolitan Makassar (BJMM) sebesar Rp10 Miliar.

Dimana pada perjalananya, pemerintah kota (Pemkot) Makassar diminta oleh BJMM untuk menyediakan lahan yang akan digunakan pada proyek tersebut. Selain itu Pemkot juga diminta untuk membuat daftar nominatif (inventarisasi lahan) yang akan digunakan untuk pembebasan lahan tersebut.

Kemudian didalam perjalanan, ditemukan adannya indikasi salah bayar Rp 3 miliar dalam proyek pembebasan lahan tersebut.(*)