Ini Alasan Polisi Larang Anak Lihat Jenazah Ayahnya yang Meninggal

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Palopo – Aksi warga yang membawa jenazah almarhum Nurdin (37), ke Mapolres Palopo agar anaknya yang ditahan polisi, MP (16), apat bertemu untuk terakhir kalinya menarik simpati warga Kota Palopo dan Sulawesi Selatan.

Berbagai tanggapan, baik pro dan kontra terkait kejadian ini. Masyarakat Kota Palopo terkesan menilai kepolisian tidak memiliki jiwa kemanusiaan.

Menanggapi hal tersebut, Wakapolres Palopo Kompol Woro Susilo, memberikan keterangannya alasan MP, tahanan kasus penyalahgunaan narkoba itu tidak diberikan izin untuk keluar dari area Makopolres Palopo.

“Sebelumnya kita turut berduka cita atas alm, Nurdin ayah dari MP. terkait tidak diberikannya izin, tentunya kita semua paham, bahwa semua tahanan kepolisian adalah tanggungjawab kami. Kita tidak menginginkan tahanan kami terjadi hal yang tidak diinginkan, sehingga kami menjaga segala kemungkinan, misalnya, kabur atau adanya pihak keluarga menahannya untuk waktu yang lama, tentunya itu sangat beresiko bagi kami,” ucap Woro Susilo di Mapolres Palopo, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, pihaknya hanya berani mengeluarkan tahanan, hanya sebatas dalam area Makopolres Palopo, sehingga pihak kepolisian menerima dan memberikan kesempatan untuk melihat jenazah ayahnya di dalam lingkup Polres Palopo.

“Dengan segala pertimbangan dan resiko akan hal keamanan dan keselamatan terhadap terduga pelaku narkoba, kita terima dan mengizinkan mobil ambulans untuk dibawa ke Polres, dan pelaku narkoba MP kita berikan izin untuk masuk kedalam ambulans melihat almarhum ayahnya,” tandas Woro Susilo.

Sementara itu, pihak keluarga yang masih terpukul dengan kejadian itu dan memyesalkan tidak adanya kebijakan kemanusiaan dari pihak kepolisian

“Kami hanya minta izin sebentar dan bahkan sudah beberapa keluarga siap menjamin keselamatan dan anak almarhum tidak akan melarikan diri. Biarpun hanya melihat saat almarhum ayahnya di bungkus kain kafan.Setelah itu silahkan bawah kembali anaknya ke sel Polres Palopo,” harap paman MP, Ikbal M Nur, saat ditemui di rumah duka.