Cegah Korupsi, Ini Yang Dilakukan SPAK Enrekang

Editor : Muhammad Tohir
Rahmawati K, Agen Gerakan “Saya, Perempuan Antikorupsi” (SPAK)
Rahmawati K, Agen Gerakan “Saya, Perempuan Antikorupsi” (SPAK)

Online24,Enrekang- Gerakan “Saya, Perempuan Antikorupsi” (SPAK) yang lahir 22 April 2014 di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), turut serta berpartisipasi memperingati Hari Antikorupsi Sedunia tahun 2017. Selama tiga tahun lebih keberadaannya, gerakan SPAK telah menginspirasi banyak orang di 34 provinsi di Indonesia dan beberapa lembaga baik tingkat pusat maupun daerah, untuk berubah menjadi pribadi yang antikorupsi atau menghilangkan praktek-praktek koruptif.

Saat ditemui diruang kerjanya Agen Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Rahmawati Karim mengatakan
Para Agen telah berhasil mengubah dirinya dan membangun keluarga yang antikorupsi serta mempengaruhi lingkungan sosial dan lingkungan kerja untuk membebaskan diri dari perilaku-perilaku dan praktek-praktek korupsi. “Beberapa Agen SPAK telah berhasil mendapat dukungan dari pimpinan lembaganya untuk menerapkan perubahan yang membuat pelayanan publik menjadi lebih berkualitas”. Katanya. Sabtu (09/12/2017).

Ia Juga menjelaskan, Perubahan-perubahan yang terjadi telah membuktikan bahwa melawan korupsi tidak hanya bisa dilakukan melalui penindakan.Namun kata dia Melawan korupsi bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. “Gerakan ini membuktikan bahwa perubahan bisa terjadi karena adanya kemauan untuk berubah. Kemauan untuk berubah dari satu orang, menghasilkan perubahan yang kemudian menginspirasi orang lain hingga menjadi kekuatan bersama. Oleh karenanya JADILAH INSPIRASI!”.Ajaknya.

Ia Juga menilai keberhasilan agen SPAK dimulai dari hal terkecil di lingkungan kerja maupun keluarganya. Sebagai contoh tambahnya, agen SPAK Polwan di Daerah Istimewa Yogyakarta memulai memasang spanduk layanan tanpa pungli di kantor polseknya. Ada juga agen SPAK yang mulai aktif menginisiasi warung kejujuran di lorong atau gang tempat tinggalnya, hingga perubahan mendasar dalam pengaturan keuangan keluarganya. Termasuk di Kabupaten Enrekang, agen SPAK berhasil melakukan pendidikan antikorupsi di sejumlah sekolah.Termasuk dengan menebar nilai-nilai anti korupsi pada kelompok perempuan desa.

Dalam peringatan Hari Antikorupsi yang mengusung tema  “Jadilah Inspirasi! Mari Bersama Cegah Korupsi”.SPAK juga mengajak para penyelenggara pemilu agar melakukan proses demokrasi tanpa korupsi.” semua orang bisa berkontribusi untuk pencegahan korupsi di negeri ini, karena itu kini saatnya setiap orang menjadi inspirasi! Termasuk mengajak pemilih pemula jujur berdemokrasi khususnya menolak politik uang lewat sosialisasi bersama Komunitas Gerakan Enrekang Tanpa Korupsi (Gertak) di sekolah. Salam Antikorupsi”. Ujarnya.