Ada Potensi Tsunami, Warga Diminta Mengungsi ke Dataran Tinggi

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Akibat gempa, kondisi air di Pantai Pangandaran, dilaporkan surut. untuk itu, warga diminta untuk menjauh dari wilayah pantai dan segera mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

“Informasi ada penurunan (air), ada surut,” ujar juru bicara Basarnas Jabar, Joshua Banjarnahor, dalam keterangannya, Sabtu (16/12/2017).

Hingga saat ini, Basarnas masih terus memantau kondisi air selama dua jam ke depan, dan akan memberikan perkembangan informasi setiap 15 menit.

“Memang sampai sekarang potensi tsunami belum kita cabut, pihak BMKG juga belum cabut. Jadi warga diimbau jauhi bibir pantai,” ujarnya.

Hampir seluruh warga Pangandaran mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Tak hanya di Pangandaran, warga di sepanjang pantai selatan Jawa dari Garut sampai Cilacap, Banyumas, Jawa Tengah, rata-rata berlari ke tempat yang lebih tinggi.

Diketahui, gempa terjadi beberapa kali di Tasikmalaya dan terakhir diketahui berkekuatan 6,9 Skala Richter. Sebelumnya, melalui akun twitternya BMKG menyatakan jika gempa susulan tersebut berpotensi tsunami dengan memberikan hastag #tsunami.

[fbcomments]