Kemah Literasi FLP Cabang Pinrang Datangkan Banyak Penulis

Editor : Muhammad Tohir
Jumrang Panitia Pelaksana Kemah Literasi FLP Cabang Pinrang
Jumrang Panitia Pelaksana Kemah Literasi FLP Cabang Pinrang

Online24,Pinrang- Untuk meningkatkan minat tulis, Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Pinrang menggelar Kemah Literasi. Kemah Literasi akan dilaksanakan di Pinrang tanggal 24-26 Desember 2017.  Kegiatan bertema “Membumikan Literasi dalam Sebuah Aksi “, dan akan diadakan di SMK Negeri 3 Pinrang.

Salah seorang panitia, Jumrang mengatakan, pemilihan lokasi didasarkan atas survei yang dilakukan, dan diutamakan berada di kota Pinrang, hal itu kata dia untuk menumbuhkan keseriusan peserta untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan. Selain itu tambahnya, Kemah Literasi itu juga akan mendatangkan peserta dari luar Pinrang, yang memiliki karya tulis yang mempuni.

“Kami mendatangkan sembilan peserta untuk kegiatan yang dilaksanakan tiga hari ini. Salah satunya, S. Gegge Mappangewa yang pernah menulis novel bestseller Lontara Rindu. Juga ia akan meluncurkan novel terbarunya, Sabda Luka. Gegge juga akan hadir dengan materi motivasi menulis, sehingga diharapkan akan memompa semangat peserta untuk menulis,” kata Jumrang yang bertugas sebagai steering commitee Kemah Literasi.

Selain itu tambahnya, panitia juga menghadirkan Baharuddin Iskandar yang merupakan pemenang pertama seleksi guru berprestasi tingkat nasional di Jakarta. Dimana ia juga baru saja pulang dari Jakarta mengikuti seleksi lomba buku pengayaan siswa. Dengan karya tulis buku Mengolah Ide menjadi Tulisan dan Novel.

“Ada banyak pemateri yang kami datangkan dari Makassar. Seperti Fitrawan Umar, penulis Novel Yang Sulit Dimengerti adalah Perempuan. Khaeriyah Nasruddin, penulis kumpulan Cerpen Risalah Kunang-kunang. Buku tersebut pernah meraih juara pertama lomba menulis di kementerian. Juga ada Azure Azalea dan Batara Al Isra, keduanya adalah penulis dan penyair muda Kota Makassar. Lalu ada S. Marindra yang menjadi pemenang pertama lomba menulis future di kemdikbud tahun 2017. Novel S. Miranda dengan judul Siluet Sajak Mahakam juga sedang naik cetak di penerbit,” ungkap Jumrang.Sabtu (16/12/2017).

Kemah Literasi yang dihelat oleh Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Pinrang, juga mendatangkan ketua wilayah FLP Sulawesi Selatan, Fahruddin Achmad. Juga akan dihadirkan Muhammad Hidayat yang menjabat Ketua Cabang FLP Kota Makassar. “Selain pengurus, keduanya juga merupakan penulis lepas di beberapa koran,” jelas Jumrang

Jumrang menjelaskan, Untuk peserta, Pihak sekolah dapat mengirimkan maksimal dua tim, dengan membawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan selama kegiatan. Kegiatan terbuka untuk pelajar dan umum ini digratiskan. Sedangkan syarat untuk mengikuti adalah mengisi formulir di saat technical meeting yang akan diadakan pada tanggal 21 Desember 2017 di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang. Juga mengirimkan puisi, cerpen, atau esai dan dikirmkan ke email [email protected] paling lambat tanggal 23 Desember 2017.

“Kegiatan yang dilaksanakan gratis, Panitia tidak memungut pembayaran, malah melakukan penghargaan untuk tulisan cerpen, puisi, dan esai terbaik yang disetor peserta,”Lanjut Jumrang.

Kepala UPT Pendidikan Wilayah Pinrang, Drs Muhammad Arafah yang dihubungi, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan anak-anak muda Pinrang. “Saya yakin, kegiatan literasi yang hanya muncul di satu dua sekolah di Pinrang akan semakin menggema di masa mendatang” Terang Arafah

“Semoga panitia mengelola baik kegiatan agar literasi bisa berkembang di Kabupaten Pinrang,” ucap Arafah.(Hasrul)