Dua IRT Di Gowa Tertangkap Tangan Jual Obat Daftar G

Editor : Muh. Idris
obat daftar G
obat daftar G

Online24, Sungguminasa – Satuan Narkoba Polres Gowa mengamankan dua ibu rumah tangga (IRT) di dua lokasi berbeda. Keduanya kedapatan menjual obat terlarang daftar G.

Ida Binti Sabbang (52) diamankan di Jalan Mangka Daeng Bombong Manggarupi, Kelurahan Batang Kaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa pada 11 Desember. Sedangkan Samsinar (43) ditangkap di Dusun Bontojalling, Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, 9 Desember lalu.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga MSi, mengatakan dari tangan Ida diamankan barang bukti sebanyak 1.115 butir obat Daftar G jenis Tramado. Adapun barang bukti dari Samsinar didapati 671 butir pil jenis Tramadol.

“Mereka ini aktif mengedarkan obat Daftar G. Dalam empat hari, Mereka bisa menjual sebanyak 1.000 butir,” kata Shinto kepada media saat jumpa pers di Mapolres Gowa, Rabu (20/12/2017).

Shinto menambahkan, dari penjualan obat daftar G itu, pelaku mendapat keuntungan antara Rp 500 – Rp 1.000 per butir.  Keduanya diduga melanggar UU Kesehatan Nomor 36 Pasal 196 Tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara 10 tahun dan denda Rp 1 miliar.

“Obat-obat tersebut tidak bisa dijual secara bebas dan tidak sembarangan dikonsumsi masyarakat, harus ada resep dari dokter,” tutupnya.