Sekum KNPI Sidrap, Apresiasi Langkah Diskdikbud Terkait Kebijakan FDS Baru

Editor : Muhammad Tohir
Sekretaris Umum DPD KNPI Kab. Sidrap Padli Odding, S.Pd. SD
Sekretaris Umum DPD KNPI Kab. Sidrap Padli Odding, S.Pd. SD

Online24,Sidrap-Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten sidrap, menyerahkan kemasing-masing sekolah untuk memilih menerapkan kebijakan 5 hari sekolah atau 6 hari sekolah, namun untuk SMP Negeri 1 Pangsid dan SD Negeri 11 Pangkejene Disdikbud sidrap, mewajibkan program 5 hari sekolah, selain dinilai penerapan 5 hari sekolah memiliki kemajuan juga kedua sekolah tersebut merupakan sekolah rujukan dikabupaten sidrap.

Menyikapi kebijakan Disdikbud terkait 5 hari sekolah itu, Sekretaris Umum DPD KNPI Kab. Sidrap Padli Odding, S.Pd. SD, merespon dan sangat mengapresiasi langkah Disdikbud yang sifatnya opsional tersebut.

“Langkah itu saya nilai tepat karena infrastruktur pendukung belum merata atau belum memadai dan sumber daya pendidik belum siap secara keseluruhan serta sisi letak geografis wilayah dan aspek sosiologis masing-masing sekolah di Kab. Sidrap tentu menjadi hal yang harus dipertimbangkan secara matang.”Ujarnya, Rabu (21/12/2017).

Mengingat juga Lanjutnya, perpres nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter harus menjadi rujukan dan acuan untuk pendidikan nasional. Bagi sekolah yang menerapkan FDS tambahnya sekiranya melaksanakan pendekatan integrated curriculum dan integrated activity untuk efektifitas proses pembelajaran sesuai kebutuhan dan perkembangan siswa untuk membantu mengoptimalkan bakat, minat dan potensi positifnya. Menurut Padli yang juga Aktivis HMI cabang Sidrap ini,  Hal itu juga menjadi instrument penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan.

“Disdikbud juga harus segera menjelaskan dan menyampaikan hasil evaluasi selama 6 bulan diterapkannya FDS kepada publik kelebihan dan kekurangannya supaya ada penilaian dan perbandingan yang terbangun di masyarakat mana yang efektif sistem pendidikan reguler atau FDS.”Tandasnya.