726 Pelajar di Parepare Raih Beasiswa

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Parepare – Pemerintah Kota Parepare memberikan bantuan pendidikan atau beasiswa kepada 726 pelajar, baik dari tingkat pelajar sekolah dasar (SD), SMP, dan Mahasiswa. Beasiswa tersebut diperuntukkan kepada 565 pelajar tingkat SD dan SMP, serta 161 pelajar tingkat mahasiswa. Diketahui, bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Parepare tahun anggaran 2017, yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe di Lapangan Tennis, Rujab Walikota, Kamis (21/12/2017).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris mengatakan, bantuan berupa beasiswa tersebut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peningkatan bantuan, berupa uang tersebut, bukan hanya dari segi jumlah penerima, namun juga dari segi jumlah nominal bantuan.

“Untuk tingkat SD naik Rp.150 ribu, dan tingkat SMP naik Rp. 200 ribu. Sementara Mahasiswa S1 semester tiga dan empat bertambah 99 orang, dan Mahasiswa program S2 bertambah menjadi 30 orang,” ungkap Mantan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Parepare ini.

Diuraikan pula, bagi pelajar tingkat SD mendapatkan beasiswa sebesar Rp 500 ribu, tingkat SMP sebesar Rp 700 ribu, Mahasiswa S1 yang berjumlah 110 orang masing-masing menerima Rp 1 juta.

“Ada juga mahasiswa S1 yang sedang melakukan penyelesaian skripsi sebanyak 40 orang dengan nilai Rp.400 ribu,” papar Arifuddin Idris.

Mahasiswa program S2 yang berjumlah sembilan orang, masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 15 juta, dan dua orang mahasiswa S3 mendapat bantuan beasiswa sebesar Rp 25 juta.

Sementara, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah dalam bidang pendidikan.

“Kalau kita berbicara tentang pembangunan keummatan, di sini kita butuh manusia yang berkualitas. Tidak hanya pintar tapi kita ingin dia berakhlak mulia dan mempunyai pendidikan karakter yang kuat,” ujar Taufan.

Pada 2018 mendatang, nominal beasiswa yang diberikan kata Taufan Pawe, akan ditingkatkan juga, seperti tingkat SD dari Rp 500 ribu menjadi Rp 600 ribu, dan untuk tingkat SMP dinaikkan menjadi Rp.850 ribu. Sementara untuk mahasiswa S1 yang melakukan penyelesaian Skripsi dinaikkan menjadi Rp 1 juta.

“Saya mau buktikan bahwa pemerintah itu hadir di tengah-tengah orang tua siswa dan anaknya. Kita juga akan terus meningkatkan sarana pendidikan. Pemerintah akan terus berupaya memberikan perhatian untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Parepare,” katanya.