Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Polda Sulsel Gelar Pasukan Ops Lilin 2017

Reporter :
Editor : Muh. Idris
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar SeptonoTito, saat pelaksanaan apel gelar pasukan ops lilin 2017.
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar SeptonoTito, saat pelaksanaan apel gelar pasukan ops lilin 2017.

Online24, Makassar – Sedikitnya 1.700 petugas gabungan dari berbagai institusi mengikutir apel pasukan Operasi Lilin 2017 yang berlangsung di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (21/12/2017).

Apel yang dipimpin oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar SeptonoTito, ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2018.

Irjen Pol Umar, saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan bahwa operasi lilin ini lebih berfokus pada pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 yang dilakukan oleh aparat gabungan.

“Aksi gangguan Kamtibmas dalam bentuk terorisme, kemudian konflik yang terus diwaspadai yakni konflik berbau keagamaan dan ideologi,” ungkap Kapolda.

Tak hanya itu, operasi lilin yang akan dimulai pada 23 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018 ini tetap fokus melakukan pengamanan dari segala kejahatan konvesional.

“Kami tetap fokuskan operasi seperti pencurian, rumah kosong yang ditinggalkan, kemudian perampokan, dan lain-lain,” sambung Umar.

Selanjutnya, Polri bersama sejumlah stakeholder terkait juga mewaspadai lonjakan mobilitas massa saat libur Natal dan Tahun Baru 2018. Polri dan pihak terkait telah menyiapkan sejumlah strategi agar arus mudik dan balik selama liburan Natal dan tahun baru ini berjalan lancar.

“Koordinasi sudah dilaksanakan dengan jajaran Dinas Perhubungan, TNI dan Pemda dalam rangka pengamanan yang beberapa waktu lalu dapat masalah waktu arus mudik dan balik,” beber Irjen Pol Umar Septono.

Tak hanya itu, personil operasi lilin juga mewaspadai ketersediaan pangan selama libur Natal dan tahun baru. Sebab, selama perayaan ini tentu permintaan dari konsumen meningkat. Sementara distribusi pangan kerap terkendala ketika musim libur

“Sehingga kita akan lebih fokus pada keamanan dan juga masalah mengamankan agar lalu lintas udara, laut dan darat lancar,” pungkas Umar.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2017 bertemakan ‘Melalui apel gelar pasukan ops oilin 2017, kita tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018’ ini, dihadiri sejumlah petinggi, seperti Pangkoops AU II, Danlanud Hasanuddin, Kasdam XIV Hasanudin.

Selain itu, Kajati Sulsel, Walikota Makassar, Kapolrestabes Makassar, Dandim Makasar dan para Pejabat Utama Pokda Sulsel serta beberapa pejabat Polri-TNI lainnya hadir dalam upacara tersebut.(Ade Surya)