Sejumlah Kader PAN Tolak Usung Appi di Pilwali, Pengamat Nilai Sebagai Agenda Settingan

Reporter :
Editor : Lucky
Appi-Cicu terima rekomendasi dari PAN untuk Pilwali Makassar 2018
Appi-Cicu terima rekomendasi dari PAN untuk Pilwali Makassar 2018

Online24, Makassar – Partai Amanat Nasional (PAN) telah resmi mengeluarkan rekomendasi usungan Pilwali Kota Makassar kepada pasangan Munafri Arifuddin- Andi Racmatika Dewi (Appi-Cicu).

Namun, penyerahan rekomendasi tersebut tidak sepenuhnya direstui para kadernya sendiri.

Seperti diketahui, di tubuh internal PAN sendiri terjadi perbedaan sebagian memilih setia dengan pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi).

Perbedaan tersebut muncul lantaran Munafri Aslrifuddin sama sekali tidak mengikuti proses penjaringan bakal calon yang dilakukan oleh DPD dan DPW PAN. Hal itulah menjadi pertimbangan sejumlah kader menolak rekomendasi dari DPP.

Melihat hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Bosowa (Unibos), Arief Wicaksono, menilai hal itu seperti menabrak kelaziman yang selama ini terjadi pada tubuh parpol yang citranya sangat terkonsolidasi, tegak lurus, dan garis komando.

“Tapi itulah dinamika saat ini, dan bukan hanya terjadi di PAN, tetapi juga terjadi di partai lain di banyak tempat,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/12/2017).

Lebih lanjut, Arief menilai kemungkinan lain adalah hal itu merupakan agenda setting.

“Saya lihat terjadinya perbedaan di tubuh parpol itu sendiri dikarenakan ada upaya pembangunan opini atau wacana yang sengaja dikeluarkan, karena ada agenda lain yang sedang dilakukan dan menjadi kurang diperhatikan,” ungkapnya.(*)