Hasil Voting Resolusi PBB, 128 Negara Tolak Keputusan Amerika.

Editor : Muh. Idris
Hasil voting akhir sidang PBB dari CNN
Hasil voting akhir sidang PBB dari CNN

Online24, New York – Sebanyak 128 dari 193 negara dalam pemungutan suara menolak keputusan Amerika Serikat untuk menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dalam sidang darurat Majelis Umum PBB di New York, AS, Kamis (21/12/2017).

Hal tersebut membuat Presiden Palestina, Mahmud Abbas menyambut baik atas resolusi PBB tersebut dan menggambarkan hasil pemungutan suara itu sebagai “kemenangan bagi Palestina”.

“Keputusan ini menegaskan kembali bahwa rakyat Palestina mendapat dukungan dari hukum internasional dan keputusan ini tidak ada yang dapat mengubah kenyataan tersebut,” kata Abbas dikutip dari Channel News Asia, Jumat (22/12/2017).

Abbas juga menambahkan bahwa Yerusalem adalah wilayah yang diduduki Israel berdasarkan hukum Internasional dan akan terus memperjuangkan Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya.

“Kami akan melanjutkan usaha kami di PBB dan menciptakan perdamaian di negara Palestina dengan ibu kota di Yerusalem Timur,” lanjut Abbas.

Sementara itu, Presiden AS, Donald Trump mengancam akan memutuskan bantuan keuangan terhadap negara-negara yang mendukung resolusi PBB itu.

Namun, ancaman Trump tersebut terlihat memberikan dampak pada hasil pemungumutan suara. Jumlah negara yang menolak resolusi lebih banyak daripada yang biasanya atas rancangan resolusi-resolusi yang berkaitan dengan Palestina.

Diketahui, dalam pemungutan suara tersebut, 128 negara menyatakan dukungannya terhadap Palestina, 9 negara lainnya menolak dan 35 negara abstain, sebanyak 21 negara tidak hadir.

Dari negara pendukung AS, seluruhnya adalah negara pangkalan militer AS terutama negara-negara di kawasan Amerika Tengah, Amerika Latin, dan Pasifik.

Selain Israel, tujuh negara lain adalah Guatemala, Honduras, Kepulauan Marshall, Federasi Mikronesia, Nauru, Palau dan Togo. Sementara 35 negara abstain adalah Meksiko dan Kanada.(*/Jaz)