KPUD Sulsel: Nasib IYL Cakka Ditentukan Awal Januari

Editor : Andhika Bd
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (kanan) dan Andi Mudzakkar (kiri).
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (kanan) dan Andi Mudzakkar (kiri).

Online24, Makassar – Nasib pasangan bakal calon Gubernur Sulsel melalui jalur independen, Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL_CAKKA) akan ditentukan pada awal Januari 2018 mendatang. Seperti diketahui, pasangan ini telah melalui tahapan verifikasi administratif dan memenuhi syarat.

Namun tahapan verifikasi faktual sementara masih berjalan, sehingga pasangan ini belum dapat dipastikan akan bertarung dalam Pilgub Sulsel tahun depan.

“Verifikasi faktual sementara kami laksanakan hingga tanggal 25 Desember hari ini. Kami tengah menyelesaikan tahap verifikasi di tingkat PPS,” jelas Humas KPUD Sulsel, Asrar saat dikonfirmasi, Senin (25/12/2017).

Asrar menjelaskan, setelah rekap tingkat provinsi pada tahapan verifikasi faktual, baru dapat diputuskan apakah pasangan independen IYL-Cakka layak maju dalam perhelatan pilgub yang digelar sekali dalam lima tahun itu.

“Pengumumannya kalau tidak ada halangan pada tanggal 1 hingga 3 Januari,” terang Asrar.

Diperkirakan, pilgub Sulsel 2018 akan diikuti oleh 3 hingga 4 pasangan calon. Pasangan IYL-Cakka yang resmi menggunakan jalur independen setelah menyerahkan berkas dukungan KTP ke KPUD Sulsel.

Sementara tiga bakal pasangan lainnya, Nurdin Halid – Andi Qahar Mudzakkar (NH-Aziz), Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman NA-ASS dan Agus Arifin Nu’mang – Tanri Bali Lamo (AAN-TBL) dikabarkan akan mendaftar melalui jalur partai politik. Pendaftaran jalur parpol resmi akan dibuka mulai 8 Januari 2018 mendatang. (*/Rusli)