Anak-Anak SD Di Sidrap Ini Dilatih Menyulap Limbah Jadi Kreasi Bernilai Ekonomi

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-limbah Sampah bisa menjadi Momok menakutkan, karna bisa jadi sarang penyakit dan juga tak nyaman jika dipandang, Namun jika dikelola dengan baik sampah ternyata bisa menjadi sesuatu yang menarik bahkan bernilai ekonomi. Seperti yang dilakukan Komunitas Laskar Ijo Dan Bank Sampah Nene Mallomo Kelurahan Kanyuara, kecamatan Watang Sidenreng. Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Nasri A. S.AP perintis Laskar Ijo & Bank Sampah Nene Mallomo mengatakan, komunitas yang mereka dirikan memang untuk memanfaatkan bank sampah, selain mengumpulkan bank sampah juga komunitas ini melatih anak-anak muda mulai dari anak SD bahkan mahasiswa S2.
“Komunitas Laskar Ijo Bank Sampah Nene Mallomo ini terdiri dari anak SD 3 dan 4 Watang Sidenreng, Mahasiswa Program Pascasarjana STISIP Muhammadiyah Rappang, Mahasiswi Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dan Member Rumah Kreatif BUMN Kabupaten Sidenreng Rappang,” Ujar Nasri yang juga akrab dipanggil La Onchas ini, Selasa (02/01/2018).
Mereka lanjutnya dilatih pemanfaatan nilai ekonomi dan nilai seni sampah, salah satunya dengan menggunakan kantong kresek, tissue, lidi, tali rapia untuk menjadi kerajinan bunga.

Untuk pengajarnya tambahnya yakni dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang memiliki kemampuan mengolah sampah hingga menjadi barang bernilai seni dan ekonomi.

” dengan kegiatan ini diharapkan mereka bisa berkreasi dengan memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai, hususnya bagi anak-anak mereka juga bisa dilatih sejak dini agar mereka peduli dan sadar akan lingkungan yang sehat bersih dan asri,” katanya.

“Nilai manfaat lain mereka juga bisa menjadikan hasil karya mereka sebagai tugas sekolah ataupun kreatifitas anak sekolah,” Tandasnya.