Jarang Diketahui, Ini Fungsi Catalytic Converter pada Knalpot Motor

Editor : Lucky
Catalytic Converter (foto: int/goozir.com)
Catalytic Converter (foto: int/goozir.com)

Online24, Makassar – Masih banyak yang belum mengetahui keberadaan Catalytic Converter pada knalpot motor. Bahkan, jarang yang mengetahui fungsinya yang ternyata sangat penting.

Catalytic Converter memang bukan bagian motor yang sudah ada sejak lama dan baru digunakan ketika memasuki era penggunaan kendaraan yang meningkat menyebabkan pemanasan global.

Catalytic Converter berupa katalistor yang dipasang di ruang setelah saluran pembuangan dalam knalpot yang secara kasat mata terlihat seperti sarang lebah.

Menurut Staf Service Education PT Yamaha Motor Indonesia Manufacturing, Ridwan Arifin, Catalytic Converter berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang dari motor agar lebih ramah lingkungan.

Ridwan juga menambahkan bahwa sistem kerja Catalytic tersebut menyaring gas hidrokarbon dan polusi yang dihasilkan oleh mesin.

“Terbuat dari logam paladium, ketika gas terbuang dan menyentuh logam tersebut, maka akan terjadi reaksi kimia yang menghilangkan beberapa kandungan atau senyawa gas yang berbahaya,” terang Ridwan.

Diketahui pada awalnya, Catalytic Converter diwajibkan untuk setiap mobil, tapi sekarang motor jugan wajib dipasangkan sesuai peraturan standar Euro 2 gas buang.(*)