Sekarang Urus SIM Bisa Online, Begini Caranya

Editor : Aris Munandar

Online24, Jakarta – Pengemudi kendaraan mobil dan motor di Indonesia kini dapat melakukan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) tanpa repot-repot lagi.

Pasalnya, kini telah tersedia 200 Satuan Pelaksan Administrasi (Satpas) SIM di seluruh Tanah Air yang dapat diakses secara online.

Hal tersebut diumumkan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Jakarta, Kombes Pol Halim Pagarra, Kamis (4/1/2018). Ia mengatakan bahwa SIM online telah dilaksanakan secara serentak di beberapa Satpas se-Indonesia.

“Saat launching tahun 2014, sebanyak 45 satpas dan saat ini sudah 200 Satpas yang siap melayani administrasi layanan pengurusan SIM,” kata Halim Pagarra.

Selain itu, pemohon SIM dapat melakukan registrasi disemua satpas online tanpa terikat dengan KTP domisili.

Untuk registrasi online, caranya cukup hanya mengunjungi web base yang telah disiapkan Korlantas Polri di www.korlantas.polri.go.id, kemudian melengkapi formulir yang telah disiapkan.

Setelah semua prosedur diisi lengkap, nantinya akan mendapatkan nomor registrasi yang akan dipakai untuk daftar ulang di Disatpas.

Hal tersebut dapat memudahkan pemohon SIM untuk mendaftar dan membayar PNBP SIM, serta perpanjangan SIM tidak perlu ribet lagi. (*/Ijaz)

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu