Dilantik Jadi Presiden Liberia, George Weah Undang Arsene Wenger

Editor : Lucky
George Weah dan Arsene Wenger (foto: Kompas.com)
George Weah dan Arsene Wenger (foto: Kompas.com)

Online24, London – Mantan pemain sepakbola George Weah terpilih sebagai Presiden Liberia dalam pemilihan pekan lalu. Ia akan dilantik sebagai presiden pada 22 Januari nanti menggantikan Ellen Johnson-Sirleaf. Ia akan dilantik bersama wakilnya Jewel Taylor.

Pemilihan presiden ini dianggap sebagai langkah pertama peralihan kekuasaan secara demokratis di Liberia dalam 70 tahun terakhir.

Sebelumnya, pada Oktober dan November 2005 silam, Weah ikut pemilu Presiden Liberia namun dikalahkan oleh Ellen Johnson-Sirleaf.

Salah satu tamu yang diundang pada pelantikan pria yang bernama lengkap
George Manneh Oppong Ousman Weah (51) itu adalah Manager Arsenal, Arsene Wenger.

Wenger berjasa saat merekrut Weah untuk bergabung dengan klub Liga Perancis, Monaco, pada 1988 lalu.

Wenger mengklaim mendapat undangan dari Weah, tapi karena kesibukannya, ia memutuskan tidak bisa memenuhi undagan tersebut.

“Weah adalah tipikal pemain dengan mental yang kuat. Ia menjalani semuanya dengan misi yang kuat,” kata Wenger seperti dilansir dari Kompas.com.

“Saya ingin memberi selamat kepada satu mantan pemain saya yang telah menjadi Presiden Liberia, George Weah. Jarang sekali menjumpai pemain yang kemudian menjadi presiden sebuah negara. Selamat buat Georgie, tetaplah menjaga semangat untuk terus belajar dan menang,” ucapnya.

Wenger menyebut ia pernah melihat Weah menangis saat mendengar adanya perang saudara di Liberia.

Weah dilahirkan pada 1966 dari keluarga dengan 12 anak dan tumbuh di lingkungan kumuh di Monrovia. Pada tahun 1995, ia meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA, sehingga merupakan orang Afrika pertama yang meraih gelar tersebut.

Selain itu, ia juga mendapat penghargaan Pemain Terbaik Eropa serta Pemain Terbaik Afrika. Ia sering dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola Afrika terbaik sepanjang masa.

Sepanjang kariernya, ia telah bermain di beberapa klub di Eropa, termasuk Monaco, Paris Saint Germain, dan AC Milan.

Meskipun sukses di klub, ia belum pernah mencicipi ajang Piala Dunia FIFA bersama dengan tim nasional sepak bola Liberia.(*)