Pembobol Brangkas Mini Market Diamankan Polisi

Editor : Asri Muhammad
ilustrasi penangkapan. (foto : ntmcpolri.info)
ilustrasi penangkapan. (foto : ntmcpolri.info)

Online24, Makassar – Empat pelaku pembobol mini market Misi Pasar Raya di Antang pada 30 Desember 2017 lalu, berhasil dibekuk polisi.

Tiga pelaku diantaranya harus ditembak karena berusaha kabur saat penyergapan. Ketiganya adalah Ali (31), Yadin (34) dan Yuspa (39), serta satu pelaku lainnya Ujang Syamsuddin. Selain keempat pelaku ini, satu orang komplotan tersebut dalam pengejaran polisi dengan inisial PU.

Kanit Resmob Polda Sulsel, AKP Edy Sabhara, seluruh pelaku memiliki peran yang berbeda. Selain itu, Edy mengatakan jika yang pertama ditangkap ialah Yadin, Ali dan Puspa. Setelah itu polisi menangkap Ujang Syamsuddin, yang membantu menyimpan uang hasil kejahatan pelaku.

“Kami amankan juga seorang penyedia sarana sekaligus berperan sebagai yang menyimpan uang hasil kejahatan para rekannya, bernama Ujang Syamsudin,” ujar Edy kepada wartawan, Sabtu (6/1/2017).

Saat beraksi, mereka langsung membobol dinding dan membobol brankas di dalam mini market, dan seorang lainnya bertugas menghilangkan jejak, dengan merusak CCTV di dalam Misi Pasar Raya.

“Setelah berhasil, mereka langsung kembali ke rumah Ujang, dan membagi bagi uang hasil kejahatannya. Ali dapat Rp 30 Juta, Yuspa dan Yadin dapat Rp 50 Juta, sementara sisanya dibawa lari PU,” tambah Edy.

Selain mengamankan pelaku, Resmob Polda Sulsel juga menyita sejumlah barang bukti hasil kejahatan para pelaku. Barang bukti yang disita berupa buku tabungan, sarung tangan, kartu ATM, jam tangan, 1 gram kepingan emas, 1 set kalung emas, 10 cincin batu akik, uang tunai sekitar Rp 9,5 juta dan uang dalam rekening Rp 45 jutaan.