Menengok Kampung “NAGA” di Kabupaten Soppeng

Editor : Aris Munandar
Tanaman buah naga di Desa Tottong, Kecamatan Donr Donri, Kabupaten Soppeng.
Tanaman buah naga di Desa Tottong, Kecamatan Donr Donri, Kabupaten Soppeng.

Online24, Soppeng – Kota Watansoppeng tidak hanya terkenal dengan ikon kota “Batman” sebab terdapat ribuan kelelawar memilih hidup di ibu kota Soppeng tersebut. Nah, selain itu tak jauh dari kota tersebut terdapat satu desa di mana seluruh halamannya dipenuhi tanaman buah naga. Itulah sebabnya desa itu digelari kampung buah naga.

Sejak 2009 silam, Kepala Desa Tottong Andi Supriadi mengajak masyarakat untuk bercocok tanam untuk menanami buah naga di halaman rumah mereka. Setahun lamanya, warga mencoba dan akhirnya pada tahun 2010 mereka melihat adanya sinyal keberhasilan. Beberapa pohon naga yang mereka tanam perlahan lahan mulai tumbuh segar.

Maka sejak saat itu lah, satu persatu warga mulai menanam buah naga di depan rumah mereka. Tak ada lagi tanaman lain atau bunga layaknya rumah lainnya. Mereka sepakat menanam buah naga.

Tanaman buah naga di halaman rumah warga di Desa Tottong, Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng

Dan hasilnya seperti inilah, semua rumah di desa Tottong Kecamatan Donri Donri kni bercocok tanam dengan buah naga. Jika bertandang ke desa ini maka sepanjang jalan dapat menyaksikan pohon-pohon naga yang berdaun panjang dan tebal ini. Ada yang telah berbuah sebagian pula masih menunggu buahnya bermunculan.

Kehadiran buah naga di kampung ini pun sontak mendapat perhatian dari publik apalagi mereka yang gemar memakan buah naga. Bedanya dengan perkebunan buah naga di Sulsel, jika buah naga di Soppeng ini murni taman milik masyarakat dan bukan perusahaan.

Dalam setahun, mereka biasa panen tiga hingga empat kali. Sekali panen masyarakat di sini bisa memperoleh pendapatan lima hingga belasan juta rupiah tergantung dari luas halaman mereka.

Bukan cuma pengumpul atau pedagang buah naga yang kerap ke kampung ini, beberapa warga lain juga sering berkunjung ke tempat ini, selain membeli buah naga juga sekedar piknin “buah naga”. Di sini, anda dapat menikmati langsung buah naga tersebut.