Pasokan Kurang, Harga Beras Naik Di Kota Parepare

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24,Parepare- Masyarakat Parepare kembali resah. Pasalnya harga beras di pasar kian melambung tinggi. Naiknya harga salah satu pangan ini disebabkan karena kondisi alam yang memasuki musim penghujan.

Salah satu pedagang beras, Suharti, mengaku, jika beras yang dipasoknya dibeli langsung dari gudang Bulog. harga beras yang dibeli itu kata dia, mengalami kenaikan dari harga sebelumnya.

“Berasnya kita beli di gudang. kalau dibandingkan dengan harga sebelumnya, ada kenaikan sekitar Rp200 ribu sampai Rp300 ribu per pikul. Kalau dulu kita beli sekitar Rp.700 ribu per pikul, kalau sekarang harganya sudah sekitar Rp1 juta per pikul,” katanya.

Suharti melanjutkan, saat ini harga beras yang dijualnya Rp. 8.500 per liter. Jika dibandingkan dengan harga sebelumnya yakni Rp7 ribu per liter.”Jadi ada kenaikan Rp. 1.500 per liter nya,” ujarnya

Terpisah, Kepala Bulog Parepare, Asmal mengatakan, kenaikan harga beras disebabkan karena belum memasuki masa panen. Ditambah suplai penggilingan dari daerah penghasil beras mengalami hambatan, sehingga persediaan beras berkurang. “Nanti dibulan Februari baru panen, apalagi ini musim hujan. Meski demikian, kondisi beras di pasar masih mencukupi. Hanya saja tidak sama dengan stok diwaktu panen,” jelasnya.