Gawat! Orang Dapat Menyusup Masuk Grup Whatsapp Secara Diam-Diam

Editor : Muh. Idris
Foto illustrasi Whatsapp unlock
Foto illustrasi Whatsapp unlock

Online24, – Sebuah kelompok riset kriptografi dari Ruhr University Bochum, Jerman, menemukan celah keamanan pada aplikasi pesan instan, WhatsApp.

Para peneliti tersebut menemukan bahwa seseorang dapat menyusup dan masuk ke dalam grup Whatsapp secara diam-diam tanpa diketahui dan seizin oleh admin grup tersebut.

Penemuan tersebut diungkapkan saat konferensi pers keamanan teknologi bertajuk “Real World Crypto” di Swiss pada, Kamis (11/1/2018).

Salah satu peneliti dari Ruhr University Bochum, Paul Rösler, mengatakan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena siapapun dapat mengontrol server pengaturan grup di aplikasi Whatsapp, meski telah menggunakan sistem keamanan enskripsi end-to-end.

Sehingga, sistem enkripsi WhatsApp menjadi tidak berguna jika seseorang bisa menyusupkan orang lain ke dalam grup tanpa sepengetahuan admin.

“Kerahasiaan grup obrolan jadi rusak saat anggota baru yang tidak dikenal memiliki akses terhadap seluruh pesan baru dalam grup obrolan dan membacanya,” ungkap Paul, dikutip dari Wired, Jumat (12/1/2018).

Meski demikian, untuk mengontrol server Whatsap bukanlah hal yang mudah. Sebab, yang memiliki akses ke server Whatsapp hanyalah seorang hacker kelas kakap dan seorang staf pemerintah jika diminta akses ke dalam server secara legal.

Namun, Chief Security Officer Facebook, Alex Stamos, menolak dengan keras penelitian tersebut. Ia mengatakan bahwa ada banyak cara untuk melakukan verifikasi terhadap anggota grup.

Seluruh anggota grup Whatsapp dapat melihat siapapun yang bergabung ke dalam grup, sehingga mereka dapat mengetahui saat “penyusup” masuk secara ilegal ke dalam grup.(*/Arsal)

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu