Siapakah Bapak Berkacamata yang Jadi Sosok Google Doodle Hari ini?

Editor : Aris Munandar
Google Doodle 12 Januari 2018.
Google Doodle 12 Januari 2018.

Online24, Makassar – Google hari ini, Sabtu (13/1/2018), menampilkan doodle seorang bapak berkacamata dalam bingkai, tiga buah buku dengan dua catatan beranimasi flip bertulis (G?g?) ke huruf pinyin Cina (? ?).

Lalu, lalu siapa bapak berkacamata yang menjadi sosok Doodle hari ini?

Seperti yang dikutip dari laman Google Doodle, sosok pria berkacamata itu bernama Zhou Youguang, ia adalah seorang ahli bahasa yang lebih populer dikenal sebagai “si Bapak Pinyin”.

Youguang menghabiskan waktunya tiga tahun untuk mengembangkan sistem bahasa Pinyin, sebuah sistem romanisasi bahasa Mandarin yang resmi dipergunakan oleh pemerintah Tiongkok tahun 1958, yang sekarang menjadi bahasa standar yang dipakai di Cina hingga saat ini digunakan dalam smartphone dan komputer.

Semasa hidupnya, Youguang menulis lebih dari 40 buku dan menerjemahkan buku “Encyclopedia Britannica” ke dalam bahasa Cina yang mendapatkan julukan “Ensiklopedia Zhou”. Ia melakukan semua itu karena kecintaannya terhadap ilmu bahasa begitu besar.

Diketahui, ia meninggal pada 14 Januari 2017 di rumahnya di Beijing, sehari setelah ulang tahunnya yang ke-111. Dan hari ini, Google merayakan ulang tahun Youguang yang ke 112. (*/ijaz)