Film Berlatar Bugis Makassar, Silariang Siap Tayang di Bioskop

Editor : Asri Muhammad

Online24,Makassar – Satu lagi film layar lebar berlatar Bugis Makassar hadir di perfilman tanah air, yaitu Silariang.

Hal ini membuktikan banyak nilai-nilai budaya Bugis yang menarik untuk diangkat ke layar lebar, yang bisa ditunjukkan ke masyarakat Indonesia, khususnya anak muda.

Produser Film Silariang Ichwan Persada mengungkapkan, film yang mengangkat isu yang tak lekang jaman dikalangan Bugis Makassar ini, berkisah tentang cinta dua insan yang tak direstui.

Sebuah kisah cinta yang selalu relevan untuk diangkat menjadi sebuah cerita yang menarik, terutama dikalangan anak muda.

“Dalam beberapa tahun belakangan, ada kegairahan untuk mengangkat isu-isu lokal. Bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta atau Jawa. Sebagai putra daerah, tentu saya ingin mengangkat nilai-nilai budaya dari kampung halaman saya, Makassar,” ujar Ichwan.

Tema Silariang bukanlah hal baru di industri kreatif tanah air. Di tahun 70an, sastrawan terkenal asal Makassar sekaligus peraih Piala Citra, almarhum Rahman Age, mengangkatnya dalam sebuah cerita pendek. Lalu, di tahun 1990-an, Pemprov Sulsel juga memproduksi film berjudul “Jangan Renggut Cintaku”.

“Dan film Silariang: Cinta yang tak direstui menjadi menarik dan segar dari kisah-kisah tentang Silariang sebelumnya karena mengambil perspektif dari pelakunya,” tambah Ichwan.

“Urusan cinta adalah urusan universal. Sejuta ummat yang mengalami,” tutur Ichwan.
Ichwan menjelaskan, Film Silariang Cinta yang Tak Direstui merupakan film yang disutradarai Wisnu Adi pertama kalinya menggunakan dialek Makassar.
“Film ini menggunakan dialek Makassar. Bercerita tentang cinta sepasang anak muda yang tak direstui hingga pada akhirnya mereka berdua memutuskan untuk Silariang,” tambah Ichwan.

Film “Silariang: Cinta yang Tak Direstui” yang dibintangi Bisma Karisma, Andania Suri dan Dewi Irawan ini, akan beredar di seluruh Indonesia mulai 18 Januari 2018. (*Arus)