Anak Anda Sering Komsumsi Makanan Siap Saji? Ini Resikonya…

Editor : Abd Aziz

Online24, – Anak anda sering mengonsumsi makanan siap saji ? ini resikonya jika keseringan. Anak cenderung mempunyai lemak tubuh yang lebih banyak dan memiliki risiko penyakit jantung dalam jangka panjang.

Dalam sebuah penelitian dari Archives of Disease in Childhood, disebutkan, kebiasaan mengonsumsi makanan siap saji bisa meningkatkan risiko anak-anak terkena penyakit jantung koroner di kemudian hari.

“Kedai-kedai makanan siap saji semakin banyak, demikian juga dengan konsumsi lebih dari setengah jumlah remaja yang melaporkan mengonsumsi makanan siap saji setidaknya dua kali seminggu,” kata Donin, peneliti di St. George, University of London.

“Oleh karena itu, kita ingin melihat berapa banyak makanan siap saji yang dimakan oleh anak-anak dan apakah ada efeknya untuk kesehatan mereka.”

Para peneliti menganalisis data dari the Child Heart and Health Study di Inggris, yang melihat potensi faktor risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 di kalangan pra-remaja. Peserta penelitan mencakup sekitar 2.000 anak berusia 9 dan 10 tahun di 95 sekolah dasar di tiga kota.

Tim peneliti menggunakan jawaban-jawaban anak-anak mengenai kebiasaan makan mereka untuk menghitung kalori dan asupan gizi. Di kalangan konsumen yang mengonsumsi makanan siap saji restoran secara berkala, makanan yang dikonsumsi biasanya tinggi kalori dan tinggi lemak. Sedangkan asupan protein dan tepung-tepungan rendah dan asupan vitamin c, zat besi, kalsium dan asam folat juga rendah dibandingkan mereka yang tidak makan makanan jenis ini.

Tidak ada perbedaan dalam tekanan darah atau seberapa baik tubuh anak-anak menggunakan insulin berdasarkan pada siapa yang mengonsumsi makanan siap saji secara rutin. Namun ketebalan kulit, komposisi lemak tubuh dan lemak darah, seperti kolesterol jahat LDL, semuanya cenderung lebih tinggi di kalangan anak-anak yang rutin mengonsumsi makanan siap saji.

“Anak-anak yang makan lebih banyak makanan siap saji memiliki kolesterol total dan LDL lebih tinggi (keduanya faktor risiko penting penyakit jantung koroner) dan lemak tubuh,” kata Donin.

“Kebanyakan orang-orang yang memesan makanan siap saji, biasanya membeli makanan yang tinggi sodium, lemak dan kalori, makanan cepat saji juga memiliki kandungan gizi rendah, artinya rendah vitamin, mineral, serat dan kadang protein,” kata Arevalo,