Diduga Melanggar, Tiga Lurah Dipanggil Panwas Pinrang, Tapi Enggan Datang Karena Alasan Ini

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Pinrang-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pinrang menemukan sejumlah dugaan pelanggaran, beberapa hari lalu, ditemukan dugaan adanya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pendaftaran dan pemasangan baligho Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Pinrang.

PihakPanwaslu Pinrangpun melakukan pemanggilan pada tiga ASN yang diduga melakukan pelanggaran tersebut. Namun ketiga ASN itu enggan memenuhi panggilan Panwaslu, dengan dalih larangan seorang Camat di Kabupaten Pinrang.

Ketiga ASN yang dipanggikoleh itu Farid (Lurah Maccorowalie), Hasimming (Lurah Siparappe), dan Sulkifli (Lurah Penrang). Ketiga Lurah tersebut merupakan lurah dari Kecamaran Watang Sawitto.

Ketua Panwas Pinrang Ruslan Wadu yang dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut. Menurutnya ketiga ASN yang dipanggil enggan memenuhi panggilan panwas.

“Sudah dua kali pihak panwas melakukan panggilan, tapi tidak pernah datang” Ungkap Ruslan, Minggu (14/01/2018).

Bahkan menurutnya, ketiga Lurah itu enggan memenuhi panggilan Panwas karena alasan dilarang camat.

“Mereka menolak dengan alasan dilarang oleh Camat tiga Lurah tersebut” bebernya.

“Biar tidak memenuhi panggilan untuk ketiga kalinya kami akan tetap proses” Tegasnya

Terpisah, Andi Mahmud Bancing, Camat Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang saat dihubungi Menjelaskan, jika pemanggilan yang dilakukan pihak panwas itu tidak sesuai dengan mekanisme pemanggilan.

“Seharusnya surat pemanggilan panwas itu sampai ke Camat dulu, baru ke kelurahan” Ucapnya.

“Kan Yang di Panggil ASN nya, berarti itu terkait dengan kecamatan yang membawahi ketiga lurah yang dipanggil” Jelasnya.