Toko Online Milik Jack Ma Masuk Dalam Daftar Hitam Amerika, Ini Alasannya!

Editor : Lucky
Taobao
Taobao

Online24, Makassar – Toko online milik Alibaba Grup, Taobao, masuk dalam daftar hitam di lembaga perdagangan Amerika Serikat, US Trade Representative (USTR).

Dilansir dari Reuters, Senin (15/1/2018), Taobao masuk dalam daftar hitam USTR disebabkan karena maraknya barang palsu atau bajakan yang dijual. Namun hal tersebut dibantah oleh pihak Taobao.

Meski tidak ada sanksi langsung, tetap saja hal ini merupakan berita negatif bagi Taobao. Sehingga, toko online itu akan sulit mengubah persepsi bahwa tokonya dipenuhi dengan barang palsu.

Sementara itu, pihak USTR mengaku bahwa perusahaan berinduk Alibaba Grup yang dikendalikan oleh miliarder Jack Ma ini telah berupaya membela diri dari tuduhan tersebut.

Namun, upaya pembelaan mereka belum berhasil. Dikabarkan, mereka sudah menanggulangi barang bajakan hingga mencapai penurunan 25 persen serta permintaan barang bajakan telah dihapus oleh pihak Taobao.

Sebagai informasi, Taobao merupakan satu dari 25 toko online dan 18 toko fisik yang masuk daftar tahunan USTR. Taobao lolos sejak tahun 2012 sampai 2015, namun dimasukkan pada tahun 2016 dan 2017.(*)