Deklrasi Calon Sebabkan Gas 3 Kilogram Langka Di Pinrang

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Pinrang – Sudah sejak beberapa hari terakhir gas 3Kg langka dikabupaten Pinrang, Polres Pinrang dan Pertamina wilayah Parepare langsung menggelar sidak di beberapa lokasi agen/pangkalan gas elpiji di Pinrang. Selasa (16/01/2017).

Dalam sidak itu sejumlah alasan dikemukakan. Rudi perwakilan Pertamina untuk Gas 3 kg Parepare mengatakan ada tiga faktor penyebab terjadinya kelangkaan Tersebut yakni karena adanya prmakaian berlebihan seperti Hajatan, peternak ayam, dan deklarasi kandidat cabup pinrang beberapa hari yang lalu.

“Ada tiga faktor penyebab kelangkaan di pinrang, itu menurut agen/pangkalan yang saya tanya, katanya pemakaian berlebihan karena Deklarasi, Peternak Ayam, dan Hajatan”. katanya.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan kegiatan pesta demokrasi seperti deklarasi bakal calin Bupati dan wakil Bupati pinrang membuat gas langka, karena pemakaian yang berlebihan, pasalnya saat deklarasi itu warga tumpah ruah hingga ribuan orang dan memerlukan konsumsi. Jadi pengusaha catring memesan hingga puluhan tabung gas.

“Alasan agen/pangkalan itu katanya banyak pengusaha catering yang pesan tabung hingga puluhan biji guna mempercepat prosesi masak saat cateringya dipesan hingga puluhan ribu” ungkapnya

Sementara untuk peternak ayam, pemakaian berlebihan karena untuk jenis ayam potong itu memerlukan lima tabung untuk 3000 ekor ayam.

“Peternak jenis ayam potong itu memerlukan 5 tabung gas untuk 3000 ayam” jelas Rudi

Kondisi itu juga dibenarkan Dedy, pemilik usaha Agen/Pangkalan gas elpiji 3 kilo di Pinrang. Menurutnya kelangkaan ini sudah berlangsung sejak beberapa minggu ini.

“Permintaan banyak karena ada deklarasi, hajatan dan juga peternak ayam.” Ungkapnya

Bahkan menurutnya, tak jarang pengecer yang datang untuk membeli tabung gas itu mengantri hingga 3 hari untuk mendapatkan gas 3 kg.

“Ini pengecer yang antri sampai 3 hari tunggu tabung gas 3 kilo” katanya sambil menunjukkan pengecer yang antri di lokasi agen miliknya.