Knalpot Kendaraan Mengarah ke Wajah, Ini Bahayanya

Editor : Abd Aziz
Knalpot Kendaraan Bermotor
Knalpot Kendaraan Bermotor

Online24, -Tidak dapat dipungkiri jumlah kendaraan bermotor di tanah air kini semakin meningkat. Seiring dengan mudahnya orang untuk bisa memiliki kendaraan bermotor. Apalagi sekarang ada banyak dealer yang menawarkan kredit kendaraan bermotor dengan DP yang murah.

Maka otomatis asap kendaraan bermotorpun semakin banyak, masalah polusinya pun tentu kian parah. Dan tanpa kita sadari beberapa Produk motor knalpotnya mengarah pada wajah kita. Ketika kita berada di jalan. Maka tidaklah mungkin jika kita tidak menghirup asap kendaraan tersebut.

Tahukah anda apa bahayanya jika kita keseringan menghirup asap knalpot ??

Dilansir dari data Advertisement Situs Bloomberg, disebutkan bahwa angka kematian yang diakibatkan oleh polusi udara sudah sangat tinggi. Inilah beberapa bahaya yang patut diwaspadai akibat menghirup asap kendaraan bermotor

Menyebabkan Penyakit paru kronis (PPOK) Bagi orang yang memiliki alergi, asap polisi kendaraan bisa menimbulkan efek langsung seperti bersin-bersin atau pilek, namun dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis. PPOK adalah penyakit paru kronik yang ditandai dengan terhambatnya udara pada saluran napas.

Penyakit ini diakibatkan karena terlalu banyak dan seringnya menghirup polusi udara. Permasalahan polusi udara seperti ini sepertinya sudah tidak mungkin lagi untuk dihindari di tengah Kota besar.

Marc Weisskopf, seorang peneliti dari Harvard School of Public Health mengatakan bahwa asap kendaraan membawa partikel bahan kimia yang kemudian dihirup dan masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Jika berlangsung terus-menerus, maka hal ini dapat mengganggu pertumbuhan otak janin dan peningkatan risiko autisme.

Asap knalpot sendiri dapat memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, Akan tetapi efek dari asap kendaraan tersebut tidak akan dirasakan secara langsung, karena asap knalpot yang mengandung unsur CO2 dan gas lain yang berbahaya akan merusak organ kita sedikit-demi sedikit. Adapun beberapa zat yang terkandung dalam asap kendaraan yang memiliki efek buruk bagi kesehatan kita, antara lain :

Karbon Monoksida. Gas ini bersifat racun dan dapat menyebabkan rasa sakit pada mata, saluran pernafasan dan paru-paru. Jika gas ini masuk ke dalam darah melalui pernafasan, karbon monoksida akan bereaksi dengan hemoglobin dalam darah hingga dapat membentuk COHb (karbon hemoglobin).

Oksida Nitrogen. NOx bereaksi dengan bahan-bahan pencemar lain dan dapat menimbulkan fenomena asap kabut smog. Smog dapat menyebabkan berkurangnya daya pandang, iritasi pada mata dan saluran pernafasan.

Oksida Blerang. Apabila oksida blerang terhisap oleh pernafasan maka oksida blerang ini akan bereaksi dengan air dalam saluran pernafasan dan membentuk asam sulfat yang dapat merusak jaringan dan menimbulkan rasa sakit.

Gas knalpot (terutama senyawa CO akibat pembakaran tidak sempurna) yang terhirup manusia ternyata lebih memikat darah kita dari pada oksigen. CO yang masuk ke dalam setiap jaringan tubuh melalui darah akan tersebebar ke seluruh tubuh kita. Dari sebuah hasil penelitian juga diungkapkan bahwa setelah 3 jam kita berkendara dan menghirup asap knalpot maka kita akan mulai merasa pusing dan juga ngantuk karena kadar oksigen dalam tubuh yang sedikit.