Foto Milik NASA Ungkap Daerah Paling Terang di Sulsel

Reporter :
Editor : Lucky

Online24, Makassar – Makassar memang menjadi pusat kota di Sulawesi Selatan. Dengan menjadi pusat kota, tentunya membuat Makassar dihuni oleh banyak penduduk.

Dengan demikian harusnya secara otomatis, Kota Makassar menjadi kota yang paling terang diantara kota lainya di Sulawesi Selatan.

Namun nampaknya, di Sulawesi Selatan kota yang paling banyak penduduknya dan yang paling terang bukanlah kota Makassar.

Dikutip dari worldview.earthdata.nasa.gov, National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengambil beberapa foto dari satelit saat malam hari. Foto ini menunjukan pemerataan penduduk di Indonesia.

Salah satunya yang terlihat adalah pulau Sulawesi. Dari foto bisa terlihat Tanah Luwu, khususnya dari Kota Palopo sampai Bonebone yang paling terang. Pasalnya, wilayah ini memiliki kurang lebih 2 juta penduduk yang mayoritas hidup dari pertanian.

Sementara untuk pulau yang paling terang di Indonesia adalah Jawa. Terlihat dalam foto tersebut, pulau Jawa sangat terang. Hal itu karena pulau jawa merupakan pulau dengan jumlah penduduk hampir 130 juta.

Sedangkan pulau Papua menjadi pulau yang paling minim pencahayaan. Di pulau ini, Puncak Jaya menjadi paling terang karena cahaya yang berasal dari tambang Grasberg milik Freeport.(*)