Di Inggris, Ada Menteri Urusan Kesepian. Ini Tugasnya

Editor : Lucky
Tracey Crouch
Tracey Crouch

Online24, London – Makin banyak masyarakat di Inggris yang mengalami kesepian. Hal ini menjadi keprihatinan tersebut pemerintah setempat.

Karena itu, untuk pertama kali, Inggris menunjuk seorang menteri khusus untuk mengurusi persoalan kesepian. Jabatan itu diserahkan kepada Tracey Crouch yang kini menjabat Menteri Junior untuk Urusan Olahraga dan Masyarakat Sipil.

Perdana Menteri Theresa May menyebut kesepian sebagai ‘realitas menyedihkan dari kehidupan modern’ yang mempengaruhi jutaan warganya. Sebagai Menteri Urusan Kesepian Inggris, Crouch bertugas mengatasi hal itu.

“Bagi begitu banyak orang, kesepian adalah kenyataan menyedihkan dari kehidupan modern,” kata PM May dilansir dari AFP, Rabu (17/1/2018).

“Saya ingin tantangan ini menjadi perhatian bagi masyarakat kita dan mengajak kita semua mengambil tindakan mengatasi kesepian yang dirasakan oleh warga lanjut usia, oleh para relawan, oleh mereka yang kehilangan orang-orang tercinta, orang-orang yang tidak punya siapapun untuk diajak berbicara atau berbagi pikiran dan pengalaman mereka,” tambahnya.

Menurut Palang Merah Inggris, lebih dari 9 juta dari total 65,6 juta penduduk Inggris yang  mengaku selalu atau seringkali merasa kesepian.

Palang Merah Inggris menyebut rasa kesepian dan terisolasi sebagai “epidemi tersembunyi” yang mempengaruhi banyak orang dari semua usia. Rasa kesepian dan terisolasi muncul saat momen-momen tertentu dalam hidup masing-masing orang, seperti saat pensiun, saat kehilangan seseorang atau saat berpisah dengan orang terkasih.

Penunjukan Menteri Urusan Kesepian ini menindaklanjuti rekomendasi dari komisi khusus demi mengenang Jo Cox, anggota parlemen Inggris yang tewas dibunuh ekstremis sayap kanan pada 2016.

“Jo mengalami dan menyaksikan kesepian di sepanjang hidupnya, khususnya saat dia menjadi mahasiswa baru di Cambridge University dan saat dia terpisah dengan saudara perempuannya Kim untuk pertama kali,” sebut Jo Cox Foundation via Twitter.

“Dia akan senang mengetahui tugas baru Tracey Crouch sebagai Menteri Urusan Kesepian dan akan berkata, ‘Mari bekerja!’,” imbuh pernyataan itu.

Berbagai agenda dan program dari Kementerian Urusan Kesepian akan dirilis akhir tahun ini. Kementerian ini akan menerima masukan dari pemerintah nasional maupun lokal, juga berbagai pihak mulai dari dinas layanan umum, sektor relawan hingga kalangan bisnis.(*)