Harga Beras Naik, Disperindagem Pinrang Akan Gelar Operasi Pasar

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Pinrang – Harga beras yang mulai melonjak di Kabupaten Pinrang, beberapa hari terakhir ini, baik jenis medium maupun premium mulai meresahkan masyarakat, khususnya pada kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Menyikapi kenaikan harga tersebut, Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Mineral (Disperindagem) siap menstabilkan harga dengan menggelar Operasi (Ops) pasar.

Hal itu diungkapkan Kepala Disperindagem Kabupaten Pinrang, Hartono Mekka saat meninjau titik lokasi di areal Pasar Sentral Pinrang bersama perwakilan Bulog, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pinrang dan Polres Pinrang, Kamis (18/01/2018).

“Insya Allah, besok Ops Pasar untuk beras kita gelar. Lokasinya di areal pasar sentral ini, beras yang kami tawarkan yaitu jenis medium dengan harga Rp.10 ribu per Kilogramnya,” ungkap Hartono Mekka.

Hartono menambahkan, untuk Ops pasar ini, pihaknya menggandeng seluruh instansi terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pinrang, Bulog, Polres Pinrang dan bahkan juga insan media.

Hal Senada yang dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pinrang, Abdu.

“Rencananya Ops ini akan dilaksanakan selama 12 hari. Mulai besok, 19 Januari hingga 31 Januari mendatang. Namun semuanya tergantung kestabilan harga, jika sudah stabil, Ops kami hentikan meski belum sampai batas waktu yang kita tentukan,” ujar Abdu.

Berdasarkan data yang dihimpun, untuk harga pasaran beras medium saat ini berada di harga Rp10 ribuan per Kg. Sementara untuk jenis premium, harga berkisar Rp11 ribuan per Kg.

Terkait kesiapan stok dan jumlah yang akan digelontorkan pada OPS Pasar itu, Wakil Kepala Divisi Regional Bulog Parepare, Stepanus mengatakan hal itu bukanlah masalah.

“Stoknya sudah kita siapkan, dimana jumlah tidak ada batasan hingga Ops pasar ini berakhir pada 31 Januari mendatang,” kata Stepanus.