Transaksi Non Tunai Diberlakukan di Pemda Gowa.

Editor : Muh. Idris
Bupati Kab. Gowa, saat sambutan sosialisasi transaksi non tunai
Bupati Kab. Gowa, saat sambutan sosialisasi transaksi non tunai

Online24, Gowa – Pemerintah Kabupaten Gowa dan Bank Sulselbar siang tadi menggelar sosialisasi implementasi transaksi non tunai tahun anggaran 2018 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (18/1/2018).

Soaialisasi tersebut bertujuan untuk mengimplementasikan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 230/PMK-05/2016 tentang Kedudukan Dan Tanggungjawab Bendahara pada Satuan Kerja Pengelola APBN.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar, Rosmala Sarif, menjelaskan bahwa dalam implementasi pembayaran non tunai pihaknya sudah siap.

“Kewajiban Bank Sulselbar menjawab tantangan di era teknologi yang semakin canggih, seluruh masyarakat membutuhkan suatu kecepatan, transparansi, dan akurasi (pembayaran non tunai) memang menjadi sasaran instruksi presiden untuk mencegah korupsi,” kata Rosmala.

Selain itu, pihak Bank Sulselbar menjelaskan bahwa di beberapa kabupaten di Sulsel sudah berjalan, namun di beberapa kabupaten lainnya belum terlaksana secara maksimal.

“Sejauh ini kendalanya, teknologi dan infrastruktur pendukung daerah belum memadai, contohnya jaringan. Inikan harus mensuport agar terlaksana,” tambahnya.

Di Kabupaten Gowa, implementasi transaksi non tunai yang diberlakukan sifatnya akan mengurangi tindak pidana korupsi. Pasalnya, uang tunai yang di perbendaharaan hanya maksimal senilai Rp 1.000.000.

“Semua sistem yang digunakan adalah sistem transfer, hal inilah kita lakukakan dengan cara bekerja sama dengan Bank Sulselbar. Hari ini kita lakukan sosialisasi dengan mengundang segenap instansi terkait agar dalam penerapan program transaksi non tunai ini didapati persepsi yang sama,” jelas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.(*/Shidiq)