Siswi yang Melahirkan di Toilet Sekolah Tetap Ikut Ujian Nasional

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo mengunjungi SMK Negeri 1 Makassar di Jalan Andi Mangerangi, Kecamatan Tamalate, Makassar (19/1/2018).

Kunjungan itu dilakukan karena sehari sebelumnya, sekolah tersebut dihebohkan dengan kabar salah satu siswinya berinisial AL (17) yang sedang duduk di kelas XII melahirkan di toilet sekolah.

Saat dimintai keterangan, None sapaan akrabnya, mengatakan jika ia telah sepakat dengan pihak sekolah siswi yang bersangkutan untuk tetap mengikuti Ujian Nasional, karena anak tersebut hanya sebagai korban.

“Terkait dengan kasus ini kami sudah bersepakat dengan pihak sekolah bahwa ruang terhadap anak ini untuk ujian nasional tetap kami buka, demi kepentingan untuk anak itu sendiri dan anaknya,” ujar Mantan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sulsel ini.

Baca juga: Siswi Melahirkan di Toilet Sekolah, Basdir : Ini Harus Jadi Bahan Intropeksi dan Evaluasi

Berbicara masalah sanksi yang diberikan, Irman membeberkan, pihak sekolah hanya memberikan bimbingan konseling terhadap siswi tersebut.

“Karena ini bukan menyangkut kegiatan belajar mengajar, lebih kepada faktor eksternal walaupun agak berat karena ini merupakan contoh yang buruk tapi kami tetap menghukumnya dengan cara memberikan bimbingan konseling oleh guru BK sembari mempersiapkan dia untuk mengikuti ujian nasional,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada seluruh sekolah yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan untuk tetap mengawasi para siswanya demi menjaga citra pendidikan.(*/afid)