Forum RT/RW Sebut Program Appi-Cicu 50 Juta Per RT Sangat Membantu Warga

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Program Rp 50 juta Per RT selama setahun yang digagas pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) mendapat apresiasi dari forum RT/RW se Kota Makassar.

Ketua Forum RT/RW Kota Makassar (Forkotama), Junaedi Hasyim, mengaku kagum dengan ide dan gagasan Appi-Cicu itu. Menurutnya, program ini cukup visioner.

Menurutnya, program itu sangat smart apalagi sasarannya langsung ke masyarakat.

“inilah asli Makassar smart, bukan hanya sekedar slogan semata. Jadi dengan program Rp 50 juta/RT yang bersumber dari APBD dapat langsung dirasakan warga serta pengawasannya pun mudah,” kata Junaedi Hasyim, Jumat (19/1/2018).

Adapun sisi kemudahannya karena warga dan ketua RT bisa saling berkordinasi dalam penggunaan dan pengawasan anggaran demi mengantisipasi terjadinya tindak pidana korupsi.

Selain itu, Junaedi yang akrab di sapa RT Mudayya itu mengaku dengan adanya program yang akan di canangkan ini dapat memacu semangat para Ketua RT/RW untuk mengeluarkan unek-unek dan kreatifitasnya kepada masyarakat. Jadi ini mirip Dana Desa yang sudah berjalan di setiap daerah.

Anggara tersebut, lanjut Junaedi, dana tersebut bisa digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah masing-masing.

Seperti perbaikan infrastruktur RT/RW, cat lorong, pengadaan fasilitas untuk warga, membantu ekonomi warga ataukah membuat badan usaha dengan yang membangun lapangan kerja di tingkat RT.

“Jadi bukan seperti saat ini, Badan Usaha Lorong yang menghabiskan uang miliaran rupiah tapi tidak merata di nikmati oleh masyarakat, bgaimana bisa menciptakan badan usaha lorong jika tidak ada dana yang bisa dikelola,” kata Junaedi.

Olehnya itu, dirinya bersama teman-teman yang tergabung di Forkotama sangat mengapresiasi program ini, karena ini adalah upaya menata kota tanpa sekat dan membuat ketua RT/RW menjadi Smart dan kreatif.

“Jadi nanti ketua RT/RW tidak susah lagi mencari dana atau meminta sumbangan kepada warganya untuk menciptakan wilayah semakin berkembang, dan maju karena sudah ada anggaran yang bisa di gunakan bersama warga,” jelas RT Mudayya.

Ke depan dengan adanya program tersebut, seluruh ketua RT/RW terlebih dulu akan diberi pembekalan dan mengikuti diklat tata cara pengelolaan dan penggunaan anggaran di wilayahnya masing-masing jika program tersebut sudah berjalan.

Selain program Rp 50 juta/RT, insentif ketua RT/RW akan disamaratakan sebesar Rp 1 juta tanpa kriteria yang rumit. Serta akan menghapus retribusi sampah yang saat ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat kota Makassar (*)