Ini Sejarah Penamaan Toyota Kijang, Ada Andil Jusuf Kalla Lho

Reporter :
Editor : Lucky
Toyota Kijang generasi pertama (foto: Mesin Modif)
Toyota Kijang generasi pertama (foto: Mesin Modif)

Online24 – Siapa tak kenal mobil legendaris Toyota Kijang? Toyota Kijang awalnya adalah model kendaraan niaga yang kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga buatan Toyota dan merupakan kendaraan paling populer untuk kelas Minibus di Indonesia.

Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1975 dan saat ini merupakan salah satu model Toyota yang sukses secara komersial sampai sekarang. Berbagai varian dan generasi mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia.

Sejak pertengahan tahun 1970an, nama Toyota Kijang sangat populer. Tapi tahukah Anda, siapa orang yang berada di balik tercetusnya nama “Kijang” untuk produk asal Jepang ini.

Tak lain adalah Putra daerah kebanggaan Sulawesi Selatan, Jusuf Kalla, yang mencetuskan nama Kijang untuk produksi mobil Toyota tersebut. Ternyata nama Toyota Kijang adalah singkatan dari “Kerja sama Indonesia Jepang”.

Salah seorang Blogger bernama Gugun Gunanto menceritakan kisahnya di Kompasiana beberapa waktu lalu.

Ia bercerita saat berkunjung ke museum Astra, ia melihat ada foto Jusuf Kalla saat masih muda terpasang di salah satu pojok museum.

“Kata staff museum jika memang itu adalah Jusuf Kalla. Ia sedang mengikuti acara gathering distributor utama Toyota dari seluruh Indonesia,” ulasnya.

“Kata staf itu, di pertemuan itu, dikenalkan Toyota Kijang untuk pertama kali dan Jusuf Kalla-lah yang mengusulkan nama Kijang waktu itu. Kata staff itu, ada beberapa nama diajukan, tapi mayoritas menyukai nama ‘Kijang’,” tulis Gugun.

Dalam tulisan itu juga, Gugun menceritakan bahwa yang memasukkan mobil Toyota pertama kali ke Indonesia adalah Jusuf Kalla dan Astra baru belakangan bergabung.

Peluncuran perdana dari Toyota Kijang generasi pertama adalah pada tahun 1975. Generasi pertama Toyota Kijang menerapkan konsep pick up dengan bentuk kotak mendasar.

Model ini sering dijuluki “Kijang Buaya” karena tutup kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. Kijang generasi perdana ini diproduksi hingga pada tahun 1980.