Makan Banyak Tapi Tetap Kurus, Coba Pikirkan 5 Hal Ini

Editor : Muh. Idris

Online24, – Buatmu mereka yang memiliki badan bonsor alias over size, biasanya iri melihat orang lain yang bisa makan banyak tapi tetap saja kurus. padahal, mereka yang kurus itu, malah berpikiran kenapa badan mereka tidak bisa gemuk meski sudah banyak makan. Rempong ya??

Orang yang nggak bisa gemuk meski sudah makan banyak memang terlihat menyenangkan karena bisa bebas makan apa saja dan kapan saja. tidak perlu khawatir saat lapar tengah malam. Karena mereka tidak perlu khawatir akan gemuk.

Sebenarnya anda perlu perhatikan beberapa hal yang bisa menjadi factor anda tidak gemuk-gemuk meski banyak makan.

  1. Faktor genetika.

Faktor genetika sangat berperan dalam menentukan bentuk tubuh seseorang. Sifat genetik mempengaruhi bentuk tubuh seseorang. Mungkin orang itu dilahirkan dengan faktor genetika kurus. Artinya sejak kecil sampai dewasa dia memang dari sononya kurus (Ectomorf).

Ada juga disebut endomorf, yaitu orang yang dilahirkan dengan faktor genetika gemuk. Orang ini, biasanya makan sedikit saja badannya langsung melar.

Selanjutnya mesomorf yaitu orang yang dilahirkan dengan faktor genetika bertubuh kekar alias berotot. Orang seperti ini kadang makin dewasa makin jadi.

2. Sistem metabolisme tubuh.

Hal utama yang menyebabkan cepat atau lambatnya kenaikan berat badan adalah sistem metabolisme dan proses pembakaran kalori. Orang yang banyak makan tetapi tetap kurus berarti memiliki sistem metabolisme yang sangat tinggi. Sistem metabolisme yang sangat tinggi ini membuat makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar dari metabolisme rata-rata, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh mereka.

3. Stress atau

Salah satu faktor yang mempengaruhi berat badan tetap rendah meski sudah makan banyak adalah faktor psikologis, misalnya sedang dalam situasi stres atau depresi akan membuat seseorang malas untuk makan.

4. Faktor kesibukan.

Kesibukan dengan aktivitas sehari-hari alias kerjaan numpuk juga bisa jadi factor karena kelelahan yang tidak kita sadari. Hal inilah yang bisa menghambat penambahan berat bedan. karena aktivitas yang padat membuat tubuh semakin banyak membakar kalori. Sehingga meski sudah makan banyak, tubuh akan tetap saja kurus.

5. Karena sakit juga jadi salah satu penyebab.

Seringkali kita melihat ada orang yang makannya lahap tapi tetap kurus karena sakit atau menderita gangguan kesehatan. seperti bulimia, yaitu keadaan dimana seseorang makan secara berlebihan secara berulang-ulang (binge) dan kemudian kembali mengeluarkannya. Atau bisa juga karena penyakit kronik dan infeksi. Pada kondisi ini setiap kalori yang diasup nggak akan menjadi otot, melainkan untuk memberi energi bagi sistem imun dalam melawan penyakit tersebut. Ada pula rendahnya kemampuan usus menyerap sari makanan dan produksi enzim pencernaan yang juga berperan membuat tubuh seseorang terus kurus meski sudah makan banyak.

Nah, anda pada posisi nomor berapa?? Cobalah pikirkan hal tersebut. Biar anda tahu jawabannya. Tapi intinya gemuk atau kurus yang jelas tubuh kita tetap sehat.