Kendaraan Menggunakan BBM Bakal Tidak Terpakai Lagi, Ini alasannya

Editor : Muh. Idris
Dunia kini mengarah pada era penggunaan kendaraan Listrik
Dunia kini mengarah pada era penggunaan kendaraan Listrik

Online24, – Keseriusan pemerintah dalam menyambut era kendaraan berbasis listrik.  Kini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 tahun 2017 tentang rencana umum energi nasional. Aturan itu mengamanatkan pada 2025 produksi mobil listrik/hibrida sebanyak 2.200 unit dan 2,1 juta untuk motor listrik. Saat itu porsi produksi mobil listrik sudah bisa mencapai 20 persen.

“Pada 2025, targetnya 20 persen atau 400 ribu kendaraan beremisi rendah,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Dunia saat ini sudah mengarah  pada kendaraan rendah emisi, dan memang sudah menjadi tren global, Bila ada campur tangan regulator maka bisa menambah proporsi produksi mesin mobil berbasis listrik hingga 30 persen pada 2023. Mobil berbasis listrik mencakup hybrid, hybrid plug-in, mobil listrik baterai, dan fuel cell.

Regulasi tersebut telah dibahas  oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Keuangan dan Kementerian Perindustrian.

“Kami sudah banyak melakukan focus group discussion (FGD) bersama instansi terkait dan stakeholder terkait. Draft Perpres sudah kami serahkan ke Sekretariat Negara, untuk kemudian ditunjukkan ke presiden,” kata Staf Khusus Menteri ESDM, Hadi Djuraid.

Di sisi lain ada target roadmap Kementerian ESDM pada 2040. Pada tahun itu, pemerintah akan melarang penjualan kendaraan berbahan bakar energi fosil alias BBM.  Bagaimana pun mobil listrik harus diperhitungkan. Karena beberapa  Negara luar sudah mengarah ke sana.

Sebagaimana dikutip dari Carscoops dari CNBC,  implementasi EV dan efisiensi konsumsi BBM bisa menghilangkan permintaan 3,5 juta barel per hari, yang diperkirakan bakal terjadi pada 2025. Sebagaimana dicontohkan di Barclays.Perancis, Jerman, Inggris, China serta India baru-baru ini yang telah mengusulkan untuk melarang atau membatasi penggunaan kendaraan konvensional.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu