7 Pelaku Illegal Access Aplikasi Grab Terancam 12 Tahun Penjara

Editor : Lucky
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, memberika keterangan terkait sindikat penipuan Illegal Access Grab

Online24, Makassar – Tujuh pelaku penipuan kasus illegal access terhadap sistem elektronik aplikasi Grab dibekuk di salah satu kamar kos di Jalan Toddopuli, Kota Makassar, Sabtu (20/1/2018), sekira pukul 16.00 Wita.

Ketujuh pelaku yakni, IGA (31), AQM (25), RJ (25), HR (21), KFP (24), TR (24), serta TB (25). Mereka diamankan anggota Krimsus Polda Sulsel berdasarkan laporan dari warga sekitar karena aktifitas yang mencurigakan.

“Jadi waktu kami terima laporan dari warga setempat, anggota langsung datang ke rumah kos yang berada di Toddopuli. Setelah kami dapat, langsung digeledah dan diperiksa ketujuh orang ini. Dan benar mereka sedang melakukan Illegal Access,” ungkap Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (22/1/2018).

Sementara itu, para tersangka mengakui telah melakukan ilegal access ini sejak awal tahun 2018. Dari aktivitasnya itu, mereka mampu meraup keuntungan sekitar Rp 50.000.000.

“Mereka ini melakukan aksi dengan belajar secara otodidak dari internet. Dan beroperasi mulai awal tahun 2018. Keuntungan yang mereka dapat yakni lebih kurangnya Rp 50 juta berhasil dikantongi,” ungkap Dicky.

Akibat tindakan ilegal access, ketujuh pelaku terancam kurungan penjara maksimal 12 tahun dan atau denda maksimal Rp 21 miliar.(*)