PNS dan Honorer Disdik Jeneponto Terjang OTT, Diamankan Uang Rp 15 Juta

Reporter :
Editor : Lucky
OTT di Diknas Jeneponto (foto: Kejati Sulsel)
OTT di Diknas Jeneponto (foto: Kejati Sulsel)

Online24, Makassar – Tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Kejari Jeneponto, berhasil mengamankan seorang PNS dan seorang Honorer di lingkup Dinas Pendidikan kabupaten Jeneponto. Keduanya adalah Syamsuriyati selaku kasi PTK pada Dinas Pendidikan dan Sahabuddin yang merupakan pegawai honorer.

Keduanya diduga telah meminta uang pungutan kepada pegawai yang ingin memperperbaharui SK Bupati dan SK Dinas Pendidikan.

“Keduanya ditangkap tadi. Penangkapan tersebut bermula dari adanya informasi yang diterima oleh kejari Jeneponto,” kata Kasipenkum Kejati Sulsel, Salahuddin, Senin (22/1/2018).

“Pihak Kejari kemudian menindak lanjuti dengan melakukan pemantauan serta mengikuti target operasi. Saat ditangkap, salah satu pelaku, berinisial SY, tengah menangani pemberian SK Bupati terhadap pegawai Honorer,” tambahnya.

Setelah memastikan bahwa target berada di dalam ruanganya, kemudian tim saber langsung melakukan pemeriksaan, baik laci kerjanya maupun tas pelaku.

“Dari dalam laci di temukan amplop yang berisikan uang pecahan Rp 50 ribu. Dari dalam tas juga ditemukan sejumlah uang pecahan Rp 100.000 maupun Rp 50.000. Uang tersebut kemudian segera diamankan oleh tim saber pungli,” ucap Salahuddin.

Uang hasil OTT yang ditemukan di laci

Dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut, tim saber pungli telah mengamankan barang bukti berupa sejumlah uang sekitar Rp 15.000.000 serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pegawai Honorer (guru honor). Barang bukti dan dua pelaku langsung di bawa ke kantor Kejari Jeneponto untuk dilakukan pemeriksaan.(*)