Catat, Ini Arti Kode Yang Terdapat Pada Perabot Plastik

Reporter :
Editor : Lucky

Online24 – Plastik menjadi bahan yang ada hampir diseluruh lini kehidupan kita. Mulai dari bungkus makanan hingga Benda-benda seperti perbaikan dapur dan juga rumah.

Tapi pernahkah anda memperhatikan kode yang terdapat pada produk yang terbuat dari bahan plastik? Jika sebelumnya Anda cuek, sebaiknya mulai sekarang harus mulai memperhatikan Kode-kode yang terdapat dalam barang berbahan plastik. Sebab hal ini erat kaitannya dengan kesehatan Anda.

Dilansir dari laman HaiDokter.com, simbol atau kode yang tedapat pada plastik ternyata memiliki arti berbeda-beda.

 

Berikut kami rangkuman 7 kode beserta artinya.

* Kode Pete atau Pet (Polyethylene Terephthalate) artinya adalah produk plastik ini direcomendasikan hanya dipakai sekali saja. Jika dipakai berkali-kali khususnya untuk menyimpan air hangat atau panas, maka lapisan polimer pada botol tersebut bisa meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker. Kode ini biasanya terdapat pada botol plastik seperti botol plastik air mineral, jus, atau minuman kemasan lainnya.

* Kode HDPE (High Density Polyethylenei). HDPE adalah salah satu bahan plastik yang aman dipakai karena sifatnya lebih kuat, keras, dan tahan terhadap suhu tinggi. Namun, HDPE juga direkomendasikan untuk pemakaian satu kali saja karena pelepasan senyawa antimonitrioksida akan terus meningkat kalau dipakai berkali-kali. Kode ini biasanya ditemukan pada botol susu berwarna putih, galon, dan kursi lipat.

* Kode LDPE (Low Density Polyethylenei) biasanya dipadai sebagai tempat makanan dan botol-botol. Sifat LDPE yaitu kuat, tembus cahaya, fleksibel, dan permukaannya agak berlemak. Plastik jenis ini sulit dihancurkan, tapi tetap baik dipakai sebagai tempat makanan.

* Kode V yang terkadang berwarna merah merupakan singkatan dari PVC (Polyvinylchloride) yang tergolong plastik sulit didaur ulang. Plastik jenis ini biasanya dipakai sebagai plastik pembungkus (cling wrap). Sayangnya, plastik PVC bisa meleleh pada suhu 15 derajat Celcius yang bisa bercampur dengan makanan dan membahayakan ginjal serta hati kamu.

* Kode PP (Polipropilen) Plastik jenis ini tergolong plastik terbaik terutama untuk tempat makanan dan minuman karena mempunyai sifat lebih kuat, mempunyai ketahanan yang baik terhadap lemak, dan stabil pada suhu tinggi. Kode ini biasanya ditemukan pada botol transparan yang tidak jernih.

* Yang terakhir adalah Kode PS. Produk dengan kode ini mengandung polystyrene yang biasa dipakai sebagai material styrofoam. Plastik jenis ini sulit didaur ulang dan bisa mengeluarkan bahan styrene yang berbahaya jika bercampur dengan makanan. Dampak buruk yang bisa ditimbulkan adalah mengganggu hormon estrogen pada perempuan yang bisa menyebabkan masalah reproduksi.(*)

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu