Empat Tersangka Kasus APBD Sulbar Bakal Disidang di PN Tipikor Sulbar?

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Kasipenkum Kejati, Salahuddin
Kasipenkum Kejati, Salahuddin

Online24, Makassar – Tim penyidik Kejati Sulsel saat ini masih menyelesaikan berkas empat tersangka kasus dugaan penyalahgunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sulbar. Keempat tersangka tersebut adalah Keempat yakni Andi Mappangara, Munandar Wijaya, Hamzah Hapati Hasan, dan Harun.

Meski sedang menyelesaikan berkas perkara untuk segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor, namun pihak Kejati sendiri masih belum mengetahui dimana keempat tersangka akan disidangkan.

“Kita belum tau di mana akan disidangkan. Saat ini fokus kita hanya perampungan berkas sehingga bisa segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor,” ujar Kasipenkum Kejati, Salahuddin, Kamis (25/1/2018).

Salahuddin menjelaskan, jika melihat lokasinya maka perkara tersebut adalah kewenangan dari Pengadilan Tipikor Sulbar. Namun ia menjelaskan, tidak menutup kemungkinan bila keempat tersangka disidangkan di PN Tipikor Makassar dengan alasan keamanan dan efisiensi.

“Jika ingin disidangkan di PN Tipikor Makassar harus ada fatwa dari Mahakam Agung. Posedurnya Kejari Mamuju harus menyurat ke Mahkamah Agung untuk mendapatkan fatwa tersebut,” imbuh Salahuddin.

Saat ini, keempat tersangka tersebut ditahan di Lapas klas 1 Makassar.
Sekedar diketahui, oleh Kejati Sulsel keempat orang tersangka tersebut dianggap bertanggung jawab karena menyepakati anggaran pokok pikiran tanpa prosedur sebagaimana mestinya.

Pada tahun 2016, jumlah tersebut teralisasi sebesar Rp 80 miliar yang digunakan untuk kegiatan PUIPR, DISNAKBUD dan SEKWAN. Sedangkan sisanya tersebar di SKPD lain dan terdapat anggaran yang terealisasi pada tahun 2017.