JK Terima Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Sosiologi Agama

Reporter :
Editor : Lucky

Online24, Makassar – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK), menerima gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang Sosiologi Agama dari kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Pemberian anugerah itu berlangsung di Auditorium Kampus II UIN Alauddin, Kamis (25/1/2018).

Kegiatan acara ini juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo; Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin; Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Agus SB; Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono; dan para civitas akademisi UIN Alauddin Makassar.

Dalam sambutan, JK mengatakan bahwa toleransi di Indonesia sangat terasa di antara perbedaan pandangan dan keyakinan dalam kehidupan bernegara.

“Walaupun indonesia memiliki agama, suku, ras yang berbeda, namun Indonesia tetap memiliki pandangan yang sama dalam Bhineka Tunggal Ika yakni Pancasila,” ungkap JK.

Menurutnya, di beberapa kawasan konflik di dunia terjadi karena adanya beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan keyakinan seseorang untuk memicu terjadinya perang saudara.

“Konflik bisa saja terjadi karena adanya beberapa orang atau kelompok yang membawa-bawa nama agama, sehingga banyak yang beranggapan bahwa agamalah yang menjadi sumber konflik. Jadi, agama bukanlah sumber konflik, jika orang tersebut paham tentang ajarannya,” ungkap JK.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian penghargaan Doktor Honoris Causa kepada JK memang terasa sangat spesial dengan melihat perannya dalam mendamaikan konflik di Maluku, Poso, dan di Aceh.

“Orang yang bisa mengurus kedamaian di dunia itu adalah orang yang baik atitude-nya, dan itulah yang hari ini melekat pada sosok bapak wakil presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla,” ujar SYL.(*)